Bupati Minta Kades Laksanakan 10 Program Pokok PKK

Taliwang, – Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr Ir H W Musyafirin mengingatkan, 10 program pokok PKK yang menjadi dasar pelaksanaan program adalah pemikiran yang sangat cemerlang, sehingga dirinya meminta kepada semua Kepala Desa (Kades) untuk bisa merealisasikannya secara menyeluruh.

Dalam kesempatan ini, Bupati menyebutkan satu persatu 10 program pokok PKK, mulai dari penghayatan dan pengamalan pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, mengembangkan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan. “Kalau kita laksanakan seluruh program PKK itu, maka yakin saja masyarakat yang dilayani sudah mengarah pada kesejahteraan,” lanjutnya.

Masih keterangan H Pirin, setidaknya ada satu diantara 10 program PKK itu bisa dilaksanakan secara fokus oleh pemerintah Desa, apalagi bisa seluruhnya dapat diterapkan ditengah masyarakat. “Saya sangat berharap kepada para Kades memiliki konsep fokus dalam memimpin Desa, sehingga apa yang menjadi target selama menjabat bisa terlaksana dengan baik,” tuturnya.

Dikesempatan itu H Pirin juga menyebutkan, bagi pemerintah Desa yang mampu mengajak masyarakat untuk mau melakukan penanaman pangan di pekarangan rumah atau memanfaatkan pekarangan untuk kebutuhan pangan, maka dirinya akan menyiapkan uang sebesar Rp. 10 juta untuk setiap Desa yang berhasil. “Bagi Desa yang bisa melaksanakan program pangan secara maksimal, maka akan diberi hadiah uang tunai,” janjinya.

Dipastikan oleh orang nomor satu di Bumi Pariri Lema Bariri itu memberi hadiah bagi pemerintah Desa, saat acara roadshow dari Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dari  Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) di KSB beberapa waktu lalu. “Saya juga pastikan bahwa uang hadiah yang dimaksud bukan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), tetapi dari pihak suponsor,” tegasnya.

Sementara ketua TP PKK KSB, Hj Hanifah W Musyafirin, SPt menyampaikan, sejumlah kegiatan telah dilaksanakan  TP PKK KSB. Seperti, Tuntas Buta Baca Al Qurán yang berhasil membuat 1.400-an warga bisa membaca Al Qurán. Membangun PAUD HI/BKM HI Pariri, melaksanakan IVA tes untuk deteksi dini kanker mulut rahim. Termasuk mempersiapkan Desa Seloto mengikuti lomba PKK tingkat nasional tahun 2018 mewakil Provinsi NTB. “Semua bidang kepengurusan berkomitmen tinggi bekerja mendukung kinerja pemerintah daerah dalam mensejahterakan keluarga,” ungkapnya.

Hj Erica Zainul Majdi selaku ketua TP PKK Provinsi NTB sangat mengapresiasi terhadap Bupati KSB yang mampu menghafal 10 program pokok PKK. Bahkan program yang ditetapkan sejak dahulu ini belum tentu dihafal oleh kader PKK. “Bupati KSB merupakan kepala daerah yang paling mensuport program PKK dan bisa saja akan mendelegasikan NTB untuk mengikuti lomba PKK tingkat nasional,” terangnya.

Dikesempatan itu Hj Erica meminta Kades untuk melibatkan Tim PKK Desa dalam menyusun perencanaan anggaran, termasuk dalam memberikan dukungan anggaran, agar semua program bisa berjalan lancar. **/Hms