Pemerintah KSB Menggelar Pengambilan Sumpah 152 PNS K-II

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), pada Jum’at pagi 27/10 kemarin melakukan pengambilan sumpah/janji, terhadap 152 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang lulus melalui jalur kategori dua (K-II).

Acara pengambilan sumpah sebagai anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) itu, dipusatkan di lobi Gedung Graha Praja Setda KSB dan dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda), H Abdul Azis MH. Terlihat hadir sejumlah pejabat dari berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

H Abdul Azis pada kesempatan itu mengingatkan kepada semua yang dilantik, agar senantiasa bersyukur setelah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan menjadikan pekerjaan sebagai amanah yang akan dipertanggung jawabkan nantinya. “Wujudkan rizki yang ada dengan ikhlas, lalu bekerja yang jujur dan sungguh-sungguh. Hal itu sebagai bukti bahwa kita telah melaksanakan apa yang menjadi amanah tersebut,” katanya.

Diingatkan H Azis sapaannya, sebagai motivasi dan perlu diketahui oleh semuanya, jika diluar sana sangat banyak masyarakat yang bercita-cita menjadi PNS. Namun tidak semua orang memperoleh kesempatan tersebut. “Atas kesempatan kerja ini harus dimanfaatkan sebagai sebuah rizki yang halal,” harapnya.

Menjadi PNS merupakan rahmat sekaligus beban. Dikatakan beban karena PNS terikat dengan aturan-aturan dan membatasi prilaku dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian PNS harus memiliki prilaku yang terpuji sehingga menjadi contoh atau teladan bagi masyarakat. PNS juga terikat oleh kode etik dan aturan-aturan kepegawaian.’’Jadilah PNS dan motivator di tengah masyarakat untuk senantiasa sholat secara berjamaah di masjid, selalu membaca Al-Qur’an dan menginfakkan sebagian rizki, baik secara sembunyi-sembunyi mapun terang-terangan,” imbuhnya.

Menjadi PNS di era pesatnya arus teknologi informasi saat ini haruslah diikuti dengan kemauan belajar dan mengembangkan diri. Memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar serta tanggap terhadap dinamika tuntutan masyarakat. Tanamkanlah dalam diri jika PNS merupakan mesin birokrasi untuk membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Jangan sampai terpengaruh bahkan mengikuti budaya kerja yang tidak profesional. ‘’Saya ingatkan PNS untuk memegang teguh PDLT, Prestasi, Dedikasi, Loyalitas dan Tanpa cacat cela. Inilah tolak ukur menjadi PNS yang sukses,” ungkap Sekda

Sementara Nanang Sujatmiko MSi selaku Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dalam laporannya menyampaikan, peserta pengambilan sumpah/janji PNS ini sebanyak 152 orang. Kesemuanya merupakan PNS yang diangkat dari jalur kategori dua (K2). Sementara sebelumnya PNS jalur K2 yang telah diambil sumpah/janjinya pada Juni lalu sebanyak 333 orang. **