Wabup : Jambore PDPGR Harus Jadi Momentum Silaturahmi

Taliwang, – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menginiasi pelaksanaan Jambore Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR). Untuk mengisi kegiatan itu, dilaksanakan beberapa lomba yang diikuti oleh seluruh agen pliuk, sehingga diharapkan bisa menjadi momentum silaturahmi para agen, termasuk refresing setelah menuntaskan sejumlah program.

Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Fud Syaifuddin ST saat acara pembukaan jambore PDPGR mengatakan, lomba yang dilaksanakan ini bukan semata-mata untuk menjadi juara, namun lebih pada mendekatkan hubungan emosional semua pihak, terutama para agen itu sendiri. “Jambore PDPGR harus menjadi momentum silaturahmi,” harapnya.

Dikesempatan itu Wabup mengakui bahwa para agen adalah warga masyarakat yang sangat luar biasa, karena tidak mengenal lelah dalam mensukseskan semua program yang dicanangkan pemerintah KSB. “Tanpa para agen, pemerintah tidak bisa bekerja dengan luar biasa seperti sekarang ini, jadi keberadaan para agen ini sangat penting bagi pemerintah KSB,” tegasnya.

Orang nomor dua di Bumi Pariri Lema Bariri itu menyampaikan rasa hormatnya kepada para agen yang terus melakukan perubahan ke arah lebih baik bagi. Semoga inovasi dan semangat kerja yang ditunjukan para agen menjadi penyemangat bagi seluruh aparatur pemerintahan, karena dua pihak ini harus bekerja sama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Saya mengajak semua agen untuk terus bekerja Ikhlas, Jujur dan Sungguh-sungguh (IJS), karena pemerintah tidak akan bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat tanpa kontribusi dari para agen,” akunya.

Sementara kepala DPMD, Drs Mulyadi Msi selaku ketua panitia melaporkan, Jambore ini dilaksanakan karena di lapangan para agen begitu banyak kegiatan yang menguras tenaga dan pikiran yang pastinya terasa lelah. Melalui Jambore ini pihaknya berharap para agen bisa melepas sejenak pekerjaan yang begitu banyak kemudian menghibur diri atau menyegarkan kembali pikiran dan tenaga.

Disampaikan juga bahwa Jambore yang dilaksanakan dalam bentuk kompetisi-kompetisi ringan yang diisi dengan perlombaan seperti Lomba Mars Gotong Royong, dan Mars Kabupaten Sumbawa Barat. Rangkai pertandingan dan lomba itu sendiri adalah, sepakbola dangdut, lari karung, trompa panjang, dan tarik tambang yang menyemarakkan jambore ini. Sebagai bentuk apresiasi ada penganugerahan PDPGR Award untuk agen peliuk desa, kecamatan, Babinsa, dan Babinkantibmas yang dinilai terbaik dalam penerapan dan pelaksanaan program PDPGR di lapangan. Pihaknya akan mendatangkan motivator dari luar untuk menumbuh-kembangkan semangat bergotong royong di KSB ini. **