DPUPRPP Inisiasi Pelaksanaan Upacara Hari Bhakti PU Ke-72

Taliwang, – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Permukiman (DPUPRPP) menginisiasi pelaksanaan upacara dalam rangka hari bhakti Pekerjaan Umum ke-72. Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr Ir H W Musyafirin MM, bertindak sebagai inspektur upacara.Pada kesempatan itu H Pirin sapaan akrab Bupati KSB membacakan amanat Menteri PUPR RI, Basuki Hadimuljono, termasuk membeberkan beberapa keberhasilan yang dilaksanakan dalam kurun waktu setahun terakhir ini.

Poin dalam sambutan itu adalah, Kementerian PUPR sukses pada pemenuhan ketahanan pangan dan air dengan sembilan bendungan rampung dan 30 bendungan serta dikerjakan secara paralel di seluruh Indonesia termasuk Bendungan Bintang Bano yang ada di Desa Bangkat Monteh, Kecamatan Brang Rea.Sejak dari 2014 hingga 2017 ini, Kementrian PUPR sudah mampu mengoperasikan sarana jalan berupa jalan tol baru sepanjang 568 km. Hingga penghujung 2019 mendatang, pihaknya optimis mampu menyelesaikan tol sepanjang 1.551 km.Tidak hanya itu, prestasi yang ditorehkannya ialah peningkatan kualitas pemukiman telah dimulai pembangunan Sistem Pengembangan Air Minum (Spam) dan beberapa prestasi lainnya.

Dibalik prestasi tersebut, terdapat catatan kritis dan mendapatkan attensi prihal tahun 2018 mendatang yang gadang-gadangkan mulai memasuki babak politik. “Sesuai pesan bapak president, kita harus fokus kerja. Jangan berpolitik,” tegasnya.
Tahun 2018 mendatang, Kementerian PUPR mendapatkan alokasi anggaran sebesar 107,4 triliun – tersebar dari lembaga lainnya. Itu kita pikul dengan penuh tanggung jawab, profesional dan kredibilitas serta dikelola sebagai mungkin agar mendapatkan kepercayaan dimata publik.

Menteri juga mengapresiasi mitra ke-PUan yaitu konsultan dan juga kontrak yang telah menyelesaikan tugas pembangunannya. “Sekali lagi, jangan berpolitik. Tetap profesional dan tingkatkan persatuan sesuai dengan nilai corporate culture Kementrian PUPR,” timpalnya. **