Sejumlah Parpol Buka Seleksi Bacaleg “Non Kader”

Taliwang, – Beberapa partai politik (Parpol) membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk menjadi Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi dan DPR RI. Parpol dimaksud adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Bulan Bintang (PBB) dan partai pendatang baru yaitu Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Iwan Irawan selaku sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menegaskan, rekrutmen Bacaleg yang dibuka PPP KSB bersifat terbuka secara umum atau bukan hanya diperioritaskan kepada para kader, jadi siapa saja yang ingin bergabung pada PPP diberikan kesempatan. “Pembukaan seleksi ini tidak dibatasi khusus internal kader,” tegasnya saat didampingi Deddy Damhudi selaku ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu).

Masih keterangan Iwan sapaannya, rekrutmen bacaleg itu sendiri akan mulai dibuka Senin 8/1 (hari ini, red) dengan limit waktu selama sepekan kedepan atau akan ditutup pada 15/1. “Kami bukan hanya menerima pendaftaran langsung dari masing-masing orang, tetapi juga meminta kepada semua Pimpinan Anak Cabang (PAC) untuk menginventarisir figure potensial di wilayah masing-masing agar direkomendasikan menjadi bacaleg PPP,” lanjutnya.

Dibeberkan juga bagi yang berminat agar melampirkan beberapa dokumen sebagai syarat, yaitu, foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP), foto copy Ijazah terakhir minimal SMA atau sederajat, menandatangani pakta integritas, menandatangani surat pernyataan siap mengikuti Latihan Kepemimpinan Kader Dasar (LKKD) dan melampirkan pas foto 4×6 sebanyak 2 lembar.

Sementara Intan Lis Utama selaku ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PSI KSB menegaskan, meskipun saat ini masih menunggu keputusan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang keikut sertaan sebagai parpol peserta Pemilu, pihaknya sudah mulai melakukan penggodokan Caleg. “Salah satu cara yang kami lakukan untuk mengajak masyarakat dengan membuat pengumuman menggunakan spanduk yang terpasang pada sejumlah titik lokasi,” terangnya.

Diingatkan juga bahwa untuk menjadi Caleg usungan PSI, bisa melakukan pendaftaran secara online melalui website resmi PSI dengan mengisi data diri serta persyaratan dan selain itu berkas pencalonan bisa secara offline dengan diantar langsung ke Sekretariat DPD PSI KSB. “Semua Caleg PSI nantinya akan diseleksi di Jakarta dan tim seleksi di Ketuai oleh Mahfud MD,” bebernya.

Bahrul Ulum selaku ketua Komite Aksi Pemenangan Pemilu (KAPPU) PBB KSB mengaku bahwa saat ini masih menyiapkan format untuk Caleg dan akan dibuka pendaftaran dalam waktu dekat ini. “PBB memang akan membuka seleksi caleg secara terbuka, jadi semua masyarakat bisa mendaftarkan diri,” tuturnya. **