Pemerintah KSB dan Pemkab Lotara Bangun Kerjasama

Lotara, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dan pemerintah Lombok Utara (Lotara) telah membuat kesepakatan kerja sama pada beberapa sektor, terutama dalam pengembangan sektor Pariwisata.

Kesepakatan kerjasama itu sendiri dituang dalam Memorandum of Undenstanding (MoU) yang ditanda tangani langsung oleh Bupati KSB, Dr Ir H W Musyafirin MM dan Bupati Lotara Dr H Najmul Akhyar SH, MH yang dilaksanakan pada Rabu pagi 21/2 diruang rapat utama Bupati Lotara. Acara itu sendiri disaksikan juga oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan KSB, Dr H Amry Rakhman, Msi, termasuk beberapa orang pejabat lingkup pemerintah Lotara.

MoU bernomor 03/PKS/2018 yang ditandatangani dua pimpinan daerah itu untuk meningkatkan kerjasama bidang Kepariwisataan, seperti akan dilakukan promosi kepariwisataan guna peningkatan kunjungan wisatawan ke KSB. Kemudian pemenuhan kebutuhan hotel dan restoran antara kedua daerah hingga penguatan interkoneksi antara KSB dan Lotara. Interkoneksi akan dibangun dengan layanan kapal cepat dari destinasi wisata andalan KLU, Gili Trawangan dengan Labuhan Lalar, KSB.

Sementara untuk kerjasama Bidang Pertanian bakal diaktualisasi dengan peningkatan kapasitas dan pengalaman petani KSB dalam pembudidayaan dan produksi tanaman hortikulutura, termasuk membangun kerjasama di bidang lainnya yang dibutuhkan kedua daerah.

H Pirin sapaan akrab Bupati KSB pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Lotara bersama pemerintahannya, dimana telah bersedia untuk membangun kerjasama dengan pemerintah KSB. “MoU bidang kepariwisataan ini sangat penting bagi pemerintah KSB agar menjadi etafe awal dalam pengembangan terutama dalam memperkenalkan spot wisata yang dimiliki.

“KSB memiliki spot wisata yang sangat bagus, seperti yang berada di Desa Mantar untuk olahraga paralayang, lalu ada destinasi untuk surfing di pantaia Yoyo kecamatan Sekongkang dan Pantai Jelenga di kecamatan Jereweh. Ada juga spot air terjun dan danai rawa lebo Taliwang. “Kami memiliki spot yang sangat menarik, namun belum dikenal seperti Gili Terawangan yang berada di KLU, jadi kerjasama ini semoga menjadi awal dikenalnya spot-spot tersebut,” harapnya.

Bupati Lotara, H Najmul Akhyar menyampaikan bahagia bisa bekerja sama membangun dunia pariwisata bersama Pemda KSB. “Tentu masing-masing kita mempunyai kekurangan dan kelebihan, namun semangat kerjasama antar daerah harus kita tata dan bangun bersama untuk kemajuan pariwisata daerah,” katanya. **/Hms