Komisi 3 DPRD KSB Apresiasi Percepatan Pelaksanaan Proyek

Taliwang, – Komisi 3 DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) memberikan apresiasi dan dukungan atas percepatan pelaksanaan proyek. Hal itu sebagai langkah cerdas dalam mengantisipasi adanya proyek gagal dilaksanakan akibat kendala cuaca yang berujung pada kehabisan waktu pekerjaan sesuai kontraknya.

“Kami berharap semua proyek yang akan menelan anggaran besar bisa mulai dilaksanakan pada awal tahun ini, sehingga tidak ada lagi proyek yang gagal rampung lantaran habis waktu pekerjaan, apalagi sampai harus tambahan waktu 50 hari diakhir tahun anggaran berjalan,” tegas Dinata Putrawan ST selaku ketua komisi 3 DPRD KSB.

Masih keterangan politisi utusan Partai Amanat Nasional (PAN) itu, percepatan pekerjaan proyek itu sendiri akan memberikan dampak positif bagi masyarakat, dimana akses yang dibangun dapat lebih cepat dinikmati, terus komisi 3 sendiri dapat melakukan evaluasi pekerjaan pada akhir tahun anggaran. “Kita sudah mendengar bahwa beberapa proyek sudah ditender dan diumumkan pemenangnya, tinggal diingatkan lagi agar tidak menunggu lama untuk mulai melaksanakan pekerjaan,” akunya.

Dinata sapaan akrabnya tidak membantah bahwa untuk penambahan waktu selama 50 hari memang bukan sebuah pelanggaran atau ada regulasi yang mengaturnya, namun pada satu sisi keterlambatan pekerjaan itu sendiri merugikan pemerintah KSB beserta masyarakat, lantaran harus mengundur juga kesempatan menikmati pembangunan yang disiapkan pemerintah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). “Intinya, semua pekerjaan besar harus lebih awal diproses dan mulai dikerjakan,” pintanya.

Legislator dari Kecamatan Brang Rea itu juga memastikan bahwa komisi 3 akan meningkatkan pengawasan terhadap pelaksanaan proyek, mengingat pada tahun lalu ada pekerjaan yang tidak bisa tuntas diselesaikan, termasuk ada yang harus mendapat tambahan waktu pekerjaan. “Selama ini kami hanya mendapatkan laporan dari dinas tekhnis dan penanggung jawab program, namun untuk tahun ini akan diawasi secara serius,” janjinya.

Proyek yang menjadi perhatian saat ini adalah pekerjaan ruas jalan diwilayah kecamatan Brang Rea, dimana masyarakat sangat berharap ruas jalan dimaksud bisa tuntas sesuai kontrak pekerjaannya, lantaran ruas jalan itu sendiri merupakan akses utama masyarakat. “Saya minta Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Permukiman (DPUPRPP), agar mengingatkan kepada rekanan pelaksanaan untuk melaksanakan pekerjaan sesuai waktu dengan tetap memperhatikan volume dan kualitas pekerjaan, karena bukan hanya komisi 3 yang mengawasi dan memantau, tetai juga masyarakat ikut ambil bagian,” bebernya.

Diakhir keterangannya Dinata mengingatkan tentang pentingnya pengawasan terhadap semua proyek agar mutu dan kualitas pekerjaan sesuai spesifikasi yang ditetapkan. “Pengawasan pekerjaan harus lebih ketat baik dari konsultan pengawas maupun pengawas internal dari dinas pelaksanaan dan penanggung jawab proyek,” ucapnya, sambi berharap kepada masyarakat untuk aktif memantau dan menyampaikan kepada komisi 3 jika menemukan ada proyek yang dikerjakan tanpa memperhatikan mutu. **