Dandim 1628/KSB Inisiasi Pembentukan Tiga Koramil

Taliwang, – Jumlah Komando Rayon Militer (Koramil) di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) belum ada penambahan sejak diresmikan beberapa waktu lalu, sementara masyarakat terus meminta agar dibangun pada sejumlah kecamatan. Berdasar dari permintaan itu, Komandan Distrik Militer (Dandim), 1628/KSB, Letkol Czi, Eddy Oswantoro akan mengusulkan pembentukan tiga Koramil.

Disampaikan oleh Dandim, pihaknya saat ini masih melakukan kajian dan evaluasi tentang rencana pembentukan Koramil, sehingga belum bisa ditentukan di kecamatan mana saja yang akan direspon pembentukan Koramil. “Prinsip awalnya akan dibentuk 3 koramil,” katanya.

Dikesempatan itu Dandim mengakui bahwa dalam rancangannya, 3 koramil yang akan dibentuk, yaitu Koramil Brang Rea, Koramil Jereweh dan satunya mungkin Koramil Poto Tano atau Koramil Kecamatan Maluk. “Kalau sudah ada final hasil evaluasi baru bisa ditetapkan dan semoga rencana pembentukan koramil itu sendiri bisa ditetapkan dalam waktu dekat,” lanjutnya.

Sebagai informasi bahwa Koramil memiliki tugas pokok  seperti, menyelenggarakan pembinaan kemampuan dan kekuatan, menyelenggarakan pembinaan teritorial untuk menyiapkan wilayah pertahanan di darat dan menjaga keamanan wilayahnya dalam rangka mendukung tugas pokok Kodim. Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut Koramil akan menyelenggarakan tugas dan fungsi utama, fungsi organik Militer dan fungsi organik pembinaan.

Tugas dan tanggung jawab pimpinan Koramil (Danramil, red), adalah, memimpin dan mengendalikan semua usaha, pekerjaan serta kegiatan yang dilaksanakan oleh anggotanya sesuai dengan tugasnya, membuat rencana kegiatan pembinaan sesuai lingkup tugas dan tanggung jawab satuannya, melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait dalam lingkup wilayah tugas dan tanggung jawabnya, melaksanakan pembinaan kemampuan dan mental serta peningkatan kesejahteraan, moril, hukum, disiplin dan tata tertib satuan, Melaksanakan Pembinaan Teritorial dan perlawanan rakyat sesuai rencana kerja Dandim.

Kemudian juga melaksanakan pendataan geografi, demografi dan kondisi sosial serta memeliharanya untuk kepentingan perlawanan wilayah, melaporkan setiap perkembangan situasi dan kondisi wilayah. “Cukup penting keberadaan Koramil,” bebernya Dandim 1628/KSB. **