Wabup Minta Kegiatan Manasik Haji dan Umroh Jadi Agenda Rutin

Taliwang, – Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Fud Syaifuddin ST, meminta kepada semua komponen masyarakat agar menjadikan manasik haji dan umroh adalah kegiatan rutin untuk dilaksanakan, agar muncul ikhtiar masyarakat untuk menjadi jamaah haji atau umroh.

Disampaikan orang nomor dua di Bumi Pariri Lema Bariri itu, jika manasik atau latihan sebelum berangkat haji dan umroh dilaksanakan, maka akan muncul semangat warga KSB mendatangi Ka’bah. “Manasik haji bukan sekedar latihan sebelum melaksanakan rangkaian kegiatan haji dan umroh, tetapi juga sebagai motivasi bahwa mendatangi Ka’bah adalah ibadah yang wajib dilaksanakan bagi yang memiliki kemampuan,” tuturnya.

Dikesempatan itu Wabup juga memberikan apresiasi terhadap Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang menjadi inisiator pelaksanaan manasik haji dan umroh. “Saya atas nama pemerintah daerah memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pengurus DPD KNPI KSB, lantaran bisa menggelar manasik haji yang diperuntukan bagi masyarakat secara umum,” lanjutnya.

Disela acara itu sendiri Wabup KSB berpesan pada peserta yang hadir untuk terus meningkatkan keimanan kepada sang pencipta dan selalu iklas dalam melakukan ibadah. ”Mulailah beribadah umroh dan haji degan niat yang iklas jujur dan sungguh-sungguh insha Allah akan diijabah dengan cara Allah,” ucapnya.

Sementara Trisman ST, MP selaku ketua DPD KNPI KSB menyampaikan, jika kegiatan manasik haji dan umroh akan diupayakan sebagai agenda tahunan. Hal itu setelah melihat bahwa yang menjadi peserta cukup banyak, baik perwakilan remaja Masjid, Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI maupun Polri.

Disampaikan juga bahwa kegiatan yang dilaksanakan itu untuk membiasakan diri kita dari Awal dan sejak dini untuk berniat melaksanakan ibadah umroh dan haji, sehingga mengetahui rukun wajib dari ibadah tersebut. **