Bupati KSB Membuka Acara Pemusatan Pelatihan Calon Paskibraka

Taliwang, – Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr Ir H W Musyafirin, MM saat membuka acara pemusatan pelatihan Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka), pada Kamis 2/8 kemarin yang dipusatkan di central meminta kepada 44 orang orang calon paskibrakan untuk memiliki sikap mental yang baik.

Menurut Bupati, kegiatan ini penting dalam memberikan motivasi kepada anak-anak agar tetap semangat. Pelatihan ini akan membentuk sikap mental yang baik, yakni cintah tanah air, rela berkorban, disiplin dan sikap lainnya. Tetapi anak-anak calon Paskibraka ini baik-baik. Seperti pepatah, buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Kenapa begitu, karena orang tua dari anak-anak semuanya orang-orang baik, ada yang jadi guru, aktivis dan lainnya.  “Sikap mental sangat penting, rata rata kita gagal meraih cita-cita karena sikap mental yang kurang baik, karena merespon lingkungan kita yang kurang baik. Walaupun seseorang pintar tetapi sikap mental kurang baik maka dia akan gagal,” kata Bupati.

Calon Paskibraka dilatih untuk mengkoordinasikan, mensinkronkan seluruh fungsi hidup dalam tubuh, mulai dari hati, mata, tangan, kaki dan lainnya, agar fokus sehingga menjadi orang yang berhasil. Oleh karena itu calon Paskibraka harus mengikuti pelatihan ini dengan baik. Semoga setelah ditempa, calon akan menjadi suri tauladan, menjadi duta bagi anak-anak muda KSB. Kemudian dari pelatihan ini, secara otomatis melahirkan generasi anti narkoba dan perilaku negatif lainnya. ‘’Mudah-mudahan kita ketemu lagi tanggal 16 Agustus dalam pengukuhan anggota Paskibraka KSB Tahun 2018,” lanjutnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) KSB, Drs Tajuddin, MSi dalam laporannya menyampaikan, sebelum pelatihan, kegiatan diawali dengan perekrutan siswa SMA/SMK/MA sebagai calon Paskibraka di 24 SMA sederajat di KSB. Sebanyak 258 masuk nominasi hingga akhirnya menghasilkan 44 calon Paskibraka, 27 di antaranya adalah laki-laki dan 17 lagi adalah perempuan.

Selanjutnya pelatihan dilaksanakan mulai tanggal 4 sampai dengan 16 Agustus mendatang. Calon Paskibraka ini diinapkan di Hotel Andi Graha Taliwang. Unsur yang memberikan pelatihan calon Paskibraka ini adalah unsur TNI, Polri dan Purna Paskibraka. “Alhamdulillah, anak kita juga satu orang atas nama M. Andrian Putrajasa siswa MAN 1 Taliwang lolos sebagai Paskibraka tingkat Provinsi NTB,”  ungkapnya.

Kegiatan pemusatan itu sendiri dihadiri Sekda KSB, H Abdul Azis, SH., MH, Asisten I Setda KSB, Drs Mukhlis, MSi, Kapolres KSB, AKBP Mustofa, SIk, Dandim 1628/KSB, Letkol Czi Eddy Oswaronto, ST, termasuk orang tua serta guru dari sekolah para siswa calon Paskibraka. **/Humas