Kemah Bhakti Pramuka, Wabup Minta Ditanamkan Nilai Keimanan

Taliwang, – Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Fud Syaifuddin ST, bertindak sebagai pembina upacara pembukaan Kemah Bhakti Pramuka dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-57 Tahun 2018. Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan sepak bola Desa Sermong itu dilaksanakan pada Senin pagi 13/8 kemarin.

Fud Syaifuddin yang juga Wakil Bupati KSB dalam amanat saat upacara, meminta kepada semua pembina pramuka untuk bisa menanamkan nilai keimanan kepada adik-adik pramuka. “Ini momentum yang tepat untuk menanamkan nilai keimanan, disiplin dan bergotong royong kepada adik-adik peserta kemah bhakti,” katanya.

Dikatakan Wakil Bupati, akhir-akhir ini negara dilanda masalah. Khususnya di NTB khususnya lagi di Lombok terjadi gempa yang getarannya bahkan dirasakan di KSB. Bencana kebakaran orang bisa lari menghindari api. Musibah banjir maka orang akan berlari ke tempat yang lebih tinggi. Namun gempa, berlari  ke bukit, maka bukit bisa hancur bagai kapas seperti diterangkan Allah. “Gempa merupakan peringatan kepada kita semua, dunia sudah tua. Kakak pembina agar menamkan keimanan yang kuat kepada adik-adik, percuma sukses tanpa pondasi keimanan yang kuat, kita sukses tetapi pondasi iman lemah, maka semua akan rapuh,” imbuh Wabup.

Pramuka KSB harus bangga, dimana Kwarcab KSB yang pertama hadir di lokasi gempa bumi di Kabupaten Lombok Utara (Lotara). Teladan kakak-kakak Kwarcab KSB harus dilanjutkan dalam kehidupan. Jadikan pula kemah bakti ini sebagai spirit dalam melaksanakan tugas dan kewajiban dalam kehidupan, berguna bagi sesama manusia dan berbakti kepada Allah SWT

Kegiatan ekstrakulikuler bukan untuk hura-hura, tetapi untuk membentuk karakter generasi muda. Pembina agar terus menjalankan ekstrakurikuler pramuka. Memberikan yang terbaik untuk anak-anak sebagai generasi penerus. “Kakak berharap adik-adik akan lebih baik dari kakak saat ini, mau tidak mau suka tidak suka kalian calon pemimpin KSB, pemimpin Indonesia. Saya juga dulu jadi Pramuka sama seperti kalian dan sekarang jadi Wakil Bupati, kalian pasti bisa, kalian akan mengganti pemimpin saat ini,” ungkap Wabup.

Dikesempatan itu Wabup melakukan penyematan pin pramuka secara simbolis kepada dua peserta kemah sebagai tanda bahwa semua rangkaian acara kemah pramuka dibuka secara resmi.

Sementara ketua panitia Kemah Bhakti, Muhammad Mesa, S.Pd dalam laporannya menyampaikan, tujuan kemah bhakti ini adalah untuk menggalang persatuan dan kesatuan, serta mempererat tali persaudaraan. Jumlah peserta, tingkat SD sebanyak 208 siswa, yakni siswa laki-laki dan perempuan masing-masing sebanyak 109. Siswa  SMP dengan siswa laki-laki sebanyak 47 orang dan 49 orang perempuan dan Pembina sebanyak  38 orang. Kemah bhakti ini dilaksanakan mulai tanggal 12 sampai 15 Agustus. **/Hms