Wabup Ingatkan Kepsek Soal Pembayaran Iuran Anggota Pramuka

Taliwang, – Upacara peringatan Hari Pramuka ke-57 tahun 2018 yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Lapangan Desa Sermong, Kecamatan Taliwang, pada Selasa pagi 14/8 kemarin, dihadiri langsung ketua Kwarcab Pramuk Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Fud Syaifuddin ST dan bertindak sebagai inspektur upacara.

Pada kesempatan itu, Fud Syaifuddin ST membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas), terutama pesan untuk menjadi anggota pramuka yang baik. “Hari ini adik-adik telah membuktikan diri sebagai anggota pramuka yang baik. Jaga pergaulan dan persahabatan selama berada dilokasi perkemahan dan setelah kembali kerumah masing-masing,” tandasnya.

Dikesempatan itu Wabup juga meminta kepada semua Kepala Sekolah (Kepsek) untuk menyetor iuran anggota Pramuka. Dimana sebelumnya, telah dilayangkan surat edaran terkait iuran setiap anggota senilai Rp. 2.000,-. Iuran dari sekolah harus disetorkan ke Kecamatan. Iuran ini diwajibkan karena kegiatan pramuka merupakan kegiatan fisik yang membutuhkan anggaran. “Saya ingatkan agar Kepsek segera menyetor iuran anggotanya,” kata Wabup.

Disaat itu juga dibeberkan, jika penarikan iuran tersebut memiliki dasar hukumnya, yaitu, Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 238 tahun 1961. Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 tahun 2014 tentang Pramuka Sebagai Ekstrakurikuler Wajib. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah tangga Gerakan Pramuka terkait sumber dana kegiatan Pramuka dari uang iuran peserta didik yang sudah disepakati Rp. 2.000/peserta didik.

Masih keterangan Wabup, dirinya meminta kepada pengurus untuk memberikan laporan dalam waktu dekat soal realisasi atas iuran pramuka yang menjadi kewajiban anggota tersebut. “Semoga dalam waktu dekat sudah bisa terbayarkan iuran tersebut,” harapnya.

Usai upacara, Wabup menyerahkan sertifikat kepada Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Brang Ene. Kemudian membuka secara simbolis lomba memanah anggota Pramuka. Pembukaan lomba memanah ditandai dengan dipanahnya target panahan oleh Wabup. Lomba memanah bagi anggota Pramuka tersebut dilaksanakan di Kwartir Ranting Brang Ene.

Hadir pada puncak peringatan Hari Pramuka ke-57 Tahun 2018 ini, Dandim 1628/KSB, Letkol Czi. Eddy Oswaronto, ST, Asisten I Setda KSB, Drs Mukhlis, MSi, sejumlah Kepala OPD, Camat dan Kepala Sekolah SD dan SMP. **/Hms