Pemerintah Desa Kertasari Fokus Kembangkan Obyek Pariwisata

Taliwang, – Keindahan pantai Desa Kertasari sudah menjadi destinasi wisata, sehingga pemerintah Desa setempat mencoba lebih fokus mengembangkan obyek pariwisata, meskipun harus menggunakan alokasi dana Desa sebagai pendukung pembangunan infrastruktur.

Burhanuddin SH selaku Kades Kertasari yang dikonfirmasi media ini mengaku, salah satu infrastruktur yang dibangun adalah gerbang masuk kawasan wisata pantai Kertasari. “Kami memang sengaja membuat gerbang wisata tersebut. Hal itu sebagai bentuk sosialisasi kepada pengunjung bahwa masyarakat Kertasari telah bersepakat untuk menetapkan destinasi pantai sebagai obyek wisata umum,” akunya.

Selain itu juga, keberadaan gerbang itu sendiri sebagai bentuk peringatan kepada semua yang akan berkunjung, jika obyek wisata Kertasari harus dijaga secara bersama-sama, karena bukan lagi milik masyarakat KSB tetapi sudah menjadi destinasi Bumi Pariri Lema Bariri ini. “Semoga dengan keberadaan gerbang itu memunculkan semangat bersama untuk menjaga destinasi pantai Kertasari,” ucapnya.

Masih keterangan Burhanuddin, pemerintah Desa juga menyiapkan anggaran untuk peningkatan kompetensi pemuda Kertasari, termasuk dalam bentuk pelatihan dalam mengawal dan mengembangkan sektor pariwisata. “Kami berencana pemuda Kertasari memiliki kemampuan dalam mempromosikan potensi wisata, jadi akan didukung dalam bentuk pelatihan serta penyediaan sarana pendukung, namun tidak bisa merinci apa saja program dimaksud, lantaran jumlahnya yang tidak sedikit,” timpalnya.

Diingatkan Burhanuddin, langkah serius pemerintah Desa untuk fokus mengembangkan sektor pariwisata telah disampaikan juga kepada sejumlah mahasiswa asal Solo yang sekarang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kertasari. “Saya sudah meminta kepada para mahasiswa, agar ikut menggali potensi wisata Kertasari, termasuk berharap bisa ikut mempromosikannya,” tuturnya.

Disampaikan juga bahwa saat ini sudah ada video pendek yang menggambarkan tentang keindahan pesisir pantai Kertasari, termasuk gambar spot yang dianggap sangat cantik. “Masyarakat dan pemerintah Desa Kertasari akan terus berinovasi untuk mengembangkan destinasi wisata, karena dengan potensi itu Kertasari akan dikenal lebih luas,” ungkapnya. **