Kembali, Sekda KSB Minta SKPD Teknis Tangani Sampah Lebih Serius

Taliwang, – Amar Nurmansyah, ST, M.Si selaku Sekda Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dalam rapat koordinasi mengingatkan kembali, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tekhnis harus serius dalam penanganan sampah. Sebagai dukungan, akan disiapkan anggaran besar yang dibutuhkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) tahun 2023.

“Selama ini selalu saja ada keluhan masyarakat terkait dengan penanganan dan pengelolaan sampah, karena memang fasilitas pendukung yang dimiliki SKPD tekhnis sangat terbatas, namun semua kebutuhan itu akan ditangani dalam APBDP ini, jadi saya berharap tidak ada lagi keluhan terkait penanganan sampah, baik sampah di Tempat Pengolahan Akhir (TPA) maupun sampah rumah tangga,” tegasnya.

Dikesempatan itu Amar sapaan akrabnya berharap penanganan serius terhadap sampah dapat langsung dimulai pada tahun ini, sehingga pengadaan atas fasilitas pendukung seperti, mobil truk untuk pengangkut sampah, mobil pick up pelayanan sampah, termasuk perbaikan dan penanganan TPA diupayakan lebih awal. “Pembahasan APBDP lebih cepat ditahun ini, jadi yang dibutuhkan sesuai perencanaan dalam penanganan sampah pastinya lebih awal juga,” ungkapnya.

Diingatkan Amar, persoalan sampah menjadi hal yang cukup sering dikeluhkan masyarakat. Kondisi ini terjadi karena beberapa kendala yang dihadapi pemerintah, mulai dari alat pendukung yang sudah tua dan perlu dilakukan peremajaan hingga persoalan TPA yang memang butuh perhatian serius. “Sekarang sudah tersedia anggaran, jadi SKPD tehnis yang menangani masalah ini bisa segera membelanjakan kebutuhan penanganan sampah lebih cepat dan terukur,” lanjutnya.

Selain penanganan sampah, realisasi APBD KSB yang cukup tinggi tahun 2023 ini juga difokuskan untuk membiayai sejumlah program unggulan Pemda KSB. Seperti program kartu Pariri dan penanganan stunting. “Pembiayaan program yang menjadi kewajiban pemerintah itu sudah dipenuhi melalui APBD tahun ini,” terangnya.

Disaat itu Amar mengingatkan pimpinan SKPD untuk dapat mengawasi pengelolaan anggaran yang ada. Kepala OPD diminta mengingatkan kasubag penyusunan program agar teliti dalam penempatan anggaran kegiatan. **

Related: catchy names for thursday events, griselinia leaves turning brown, , when did jerry uelsmann die, cestui que trust birth certificate, how to stop heart palpitations from adderall, catawba county obituaries, newark central school district staff directory, south dakota high school mascots, is michael beckwith married, how to italicize in cricut design space, dontae hayes shooting, william barr daughters, king artaxerxes’ decree to rebuild jerusalem, local one restaurant tinley park menu,