BPBD KSB Siap Terima Pengungsi Gunung Agung

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), telah mempersiapkan peralatan pendukung dan segala kebutuhan lainnya sebelum menerima para pengungsi Gunung Agung.

Ir Lalu Muhammad Azhar Mm selaku Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD KSB menuturkan, persiapan itu dilakukan setelah mendapat konfirmasi dari BPBD Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dimana ada kemungkinan masyarakat Bali yang terdampak dari erupsi Gunung Agung akan mengungsi sampai wilayah NTB. “Kami belum mendapat laporan bahwa ada warga yang terdampak dari bencana itu berada di KSB,” katanya.

BPBD KSB bukan hanya mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan, jika memang nanti akan terjadi pergesaran para pengungsi, tetapi juga sudah menyampaikan informasi awal kepada masyarakat, agar bisa menerima kedatangan para pengungsi iti sendiri, termasuk intens membangun komunikasi dengan pihak BPBD NTB, agar bisa mendapatkan informasi terkait dengan kasus Gunung Agung. “Saya yakin masyarakat KSB akan menerima baik, jika nanti ada pengungsi,” ucapnya.

Masih keterangan Lalu Azhar, jika memang nanti akan ada pengungsi datang ke KSB, meskipun bagian dari mengunjungi keluarga, BPBD tetap akan berupaya untuk membantunya, sehingga diharapkan kepada masyarakat yang didatangi, agar melapor langsung melalui pemerintah Desa setempat atau di BPBD KSB. “Saya minta masyarakat untuk melapor kalau ada keluarganya yang datang mengungsi,” harapnya.

Menyinggung soal posko, Lalu Azhar mengatakan bahwa tindakan itu belum dilakukan, karena sampai saat ini belum ada laporan bahwa sudah ada pengungsi. “Kami akan langsung buatkan posko pengungsian, apabila jumlahnya dari para pengunsi itu cukup banyak nantinya,” tegasnya. **