Malam Ramah Tamah Jadi Momentum Evaluasi Kegiatan Harla

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), pada Senin malam 20/11 kemarin, menggelar malam ramah tamah yang dirangkaikan dengan pembagian hadiah terhadap sejumlah mata lomba yang dihelat dalam menyambut Hari Lahir (Harla) ke-14. Kegiatan yang dipusatkan depan gedung Graha Fitrah itu dijadikan juga sebagai momentum evaluasi.

Sekda KSB, H Abdul Azis, MH selaku ketua panitia pelaksana Harla ke-14 menyampaikan, jika hasil yang dicapai sudah sangat maksimal, meskipun ada beberapa kegiatan yang terkesan tumpang tindih, bahkan ada kegiatan yang terlewatkan, seperti pemberian penghargaan terhadap kepeloporan ASN, padahal sudah disiapkan dari awal.

Dikesempatan itu juga H Abdul Azis menyampaikan, agar kegiatan ditahun mendatang lebih baik, maka perlu dibuatkan agenda khusus yang mencatat jenis lomba maupun event dalam rangka menyambut harla maupun festival Taliwang. “Saya sebagai ketua panitia menyampaikan permohonan maaf, jika ada beberapa kegiatan yang tidak berhasil secara maksimal. Hal itu sendiri akan menjadi catatan tersendiri,” katanya.

Sementara Bupati KSB, Dr Ir H W Musyafirin MM dalam sambutannya mengakui, jika ada beberapa kegiatan yang dibutuhkan evaluasi, termasuk kritikan secara serius, seperti partisipasi etnis. “Saya sangat kecewa dengan ketidakhadiran etnis Lombok dalam atraksi budaya, padahal saat gladi justru bisa tampil,” katanya.

Ketidakhadiran budaya Lombok itu sendiri harus didapat alasannya, lantaran saya tidak yakin jika hal itu menjadi kesengajaan. “Saya minta pejabat KSB yang bertanggung jawab dengan etnis Lombok untuk mencari tahu alasan, kenapa pasukan budaya itu tidak hadir dan tidak tampil saat puncak acara, sementara kita sedang membanggakan hubungan baik antar etnis di Bumi Pariri Lema Bariri ini,” timpalnya.

Dikesempatan itu H Pirin sapaan akrabnya menyampaikan juga apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat, termasuk para agen Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR), karena berpartisipasi langsung dalam memeriahkan Harla KSB, bahkan ditegaskan bahwa tingkat partisipasi masyarakat dalam mensukseskan seluruh rangkaian acara Harla mencapai 85 persen. “Tingkat partisipasi masyarakat di KSB sudah sangat luar biasa,” akunya.

H Pirin juga memberikan apresiasi khusus kepada seluruh jajaran bagian Umum Setda dan bagian Humas Protokol, karena harus mengorbankan banyak waktu dalam mensukseskan seluruh rangkaian pelaksanaan Harla. Hal itu membuktikan bahwa jajaran bagian umum dan Humas sudah bekerja Ikhlas, Jujur dan Sungguh-sungguh (IJS). “Kepada semua pihak yang terlibat saya atas nama pemerintah KSB menyampaikan ucapan terima kasih,” tuturnya. **