H Pirin : Aparatur KSB Harus Miliki Inovasi Kinerja

Taliwang, – Aparatur dalam lingkup pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), diminta memiliki inovasi kinerja atau terobosan terbaik dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, termasuk untuk mempercepat tercapainya visi daerah, yaitu, terwujudnya pemenuhan hak-hak dasar masyarakat yang berkeadilan menuju kabupaten sumbawa barat sejahtera berlandaskan gotong-royong.

“Pada prinsipnya, aparatur harus memiliki inovasi kinerja atau metode yang bisa dilaksanakan, sehingga tugas dan tanggung jawab dibebankan bisa dilaksanakan dengan baik, jadi jangan terlalu monoten dengan cara yang akan memperlambat pelayanan,” kata Bupati KSB, Dr Ir H W Musyafirin MM.

Masih keterangan H Pirin sapaan akrab orang nomor satu di Bumi Pariri Lema Bariri itu, untuk memacu seluruh aparatur memunculkan inovasi, harus dimulai dari seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), karena pimpinan dalam satu oragnisasi pemerintahan itu, akan dijadikan contoh dan tauladan bagi aparatur yang menjadi bawahannya. “Mari kita terus berbenah diri dan jadikan momentum Hari Lahir (Harla) sebagai motivasi,” lanjutnya.

Lanjut H Pirin, inovasi kinerja yang diharapkan itu adalah sebuah proses baik untuk mencapai hasil yang diinginkan, karena hasil tidak akan pernah menghianati hasilnya. “Saya memang belum mendengar ada aparatur yang memiliki inovasi dalam memberikan pelayanan atau kinerja, jadi belum bisa mempercepat laju pelayanan kepada masyarakat itu sendiri,” urainya.

Dikesempatan itu H Pirin juga menyinggung, jika sejumlah guru telah membuktikan tentang inovasi yang dimiliki, seperti yang dilakukan 18 sekolah beberapa waktu lalu, bahkan telah mengumumkan dan mempraktekan secara langsung tentang inovasi pengajaran yang dimiliki. “Guru pada jenjang pendidikan dasar saja memiliki inovasi dalam pengajaran, masa aparatur pemerintah tidak bisa melakukan hal yang sama,” kritiknya.

Bupati juga berjanji akan memberikan apresiasi khusus bagi aparatur yang memiliki inovasi baru, namun tidak dijelaskan secara detail bentuk aparesiasi tersebut, karena masih ingin mengetahui, apa bentuk inovasi yang akan dimunculkan. “Saya akan memberikan apresiasi bagi aparatur yang cukup kreatif, inovatif dalam menjalankan tugasnya sebagai aparatur,” janjinya. **