Tokoh NTB Di Jakarta Mengapresiasi Keberhasilan KSB

Taliwang, – Keberhasilan pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), melaksanakan berbagai program yang bersentuhan langsung pada masyarakat miskin, melalui Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR), mendapatkan apresiasi dari para tokoh Nusa Tenggara Barat (NTB) yang berdomisili di Jakarta.

Salah seorang tokoh NTB itu adalah H Fahri Hamzah, bahkan kekagumannya itu disampaikan langsung saat memberikan sambutan dalam acara puncak perayaan Hari Lahir (Harla) KSB ke-14, yang dihelat beberapa waktu lalu. “KSB adalah cerminan dari keberhasilan pemekaran wilayah dalam memajukan masyarakat, apalagi program yang dilaksanakan benar-benar untuk kesejahteraan masyarakat miskin,” timpalnya.

Wakil ketua DPR RI itu juga mengatakan, manfaat dari pemekaran itu sendiri baru dirasakan, jika program yang dilaksanakan akan bersentuhan langsung dengan masyarakat itu sendiri. Hal itu telah dibuktikan oleh jajaran pemerintah KSB, bahkan telah berhasil mencapai perkembangan yang luar biasa, seperti pencapaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang tertinggi dari seluruh kabupaten/kota di NTB.

Diakhir keterangannya, tokoh politik nasional yang dikenal sangat kritis ini juga memberikan sinyal, bahwa DPR RI terus mendorong pemerintah pusat, agar menyetujui terhadap rancangan pemekaran, termasuk usulan untuk menetapkan Pulau Sumbawa sebagai salah satu provinsi baru. “DPR RI sudah siap membahas seluruh agenda daerah otonomi baru, termasuk pembentukan Provinsi Pulau Sumbawa dimasa akan datang. Komisi II dan DPR secara umum telah bersepakat,” lanjutnya, sambil mengingatkan bahwa pemerintah pusat hingga saat ini masih melakukan moratorium pemekaran daerah, meski terdapat lebih dari 275 usulan Daerah Otonomi Baru (DOB) dari seluruh Indonesia.

Apresiasi atas keberhasilan pemerintah KSB juga disampaikan H Amir Jawas. Salah seorang tokoh pendiri KSB itu mengaku kaget dengan gerakan dan terobosan yang dilakukan pemerintah KSB, terutama dalam mengangkat drajat masyarakat miskin. “Kami warga KSB yang berada di Jakarta akan merasa bangga, jika pemerintah bisa melaksanakan program dukungan kepada masyarakat miskin,” akunya.

Dikesempatan H Amir Jawas juga berjanji, kalau dirinya bersama tokoh KSB yang berdomisili di Jakarta, siap memberikan dukungan kepada pemerintah KSB, sesuai kemampuan dan yang bisa dilaksanakan. “Kami percaya pemeritah KSB akan berbuat maksimal untuk masyarakat,” tuturnya. **