Pendidikan

DKP KSB Gelar Sosialisasi Gerakan Masyarakat Makan Ikan

Taliwang, – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) mengajak masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), terutama pelajar usia dini untuk gemar memakan ikan. Ajakan itu sendiri dilakukan dengan sosialisasi di sejumlah sekolah, termasuk langsung mengajak anak-anak untuk makan bersama dengan menggunakan ikan dan pangan lain yang berbahan dasar ikan.

“Kami sengaja melaksanakan sosialisasi gerakan makan ikan (Gemar Ikan) pada sekolah anak usia dini, agar anak-anak itu terbiasa mengkonsumsi ikan. Kegiatan itu sendiri akan dilaksanakan diseluruh kecamatan, meskipun hanya diwakili oleh satu sekolah saja,” kata Agusman SPt selaku kabid sumberdaya dan peningkatan daya saing produksi kelautan dan perikanan pada DKP KSB.

Pada kesempatan itu Daeng Agus sapaan akrabnya juga menyampaikan alasan gemar ikan dilaksanakan di anak usai dini, lantaran manfaat besar dari mengkonsumsi ikan adalah, melindungan mata dan menjaga penurunan degenerasi macula pada wanita, mencegah penyakit asma pada anak, termasuk mencegah dan menurunkan risiko diabetes. “Kami juga menyampaikan manfaat mengkonsumsi ikan kepada anak-anak,” lanjutnya.

Kegiatan sosialisasi makan ikan akan kembali dilaksanakan pada tahun mendatang, agar tujuan memperkenalkan pentingnya makan ikan pada anak-anak untuk meningkatkan pertumbuhan pada anak, termasuk menyediakan wahana pembelajaran, pendidikan dan penyadaran bagi masyarakat khususnya anak-anak dalam upaya mengkonsumsi ikan dalam keseharian bisa terlaksana.

Masih keterangan Daeng Agus, gerakan yang dilakukan pemerintah KSB ini akan sukses dan menjadi kebiasaan bagi anak-anak, jika orang tua selalu membiasakan juga untuk selalu mengkonsumsi ikan. “Kami berharap kepada semua orang tua atau masyarakat secara umum, agar menjadikan konsumsi ikan adalah kebiasaan bagi anak-anak,” harapnya.

Sebagai catatan penting yang perlu diketahui secara bersama-sama, kandungan zat gizi yang terdapat pada ikan segar antara lain, omega 3 yang berguna untuk proses perkembangan otak, kaya akan asam amino seperti taurin untuk merangsang pertumbuhan otak, memiliki vitamin A, Vitamin D, Vitamin B6, zat besi, yodium dan berbagai zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. **