Pemerintahan

DPMD KSB akan Mulai Distribusi Surat Suara Pilkades H-2

Taliwang, – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), telah mempersiapkan semua kebutuhan untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, yang direncanakan pada 7/10 mendatang.

Drs Mulyadi, Msi selaku kepala DPMD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) memastikan, jika pihaknya sudah melakukan pencetakan terhadap surat suara dan mempersiapkan semua logistik pendukung pelaksanaan Pilkades. “Untuk pendistribusian semua logistik Pilkades akan dilaksanakan pada H-2 bagi Desa yang dianggap jauh dan H-1 untuk Desa yang mudah dijangkau,” tegasnya.

Mulyadi juga mengaku bahwa surat suara akan selalu dalam pengawasan dan pengamanan serius, baik sebelum didistribusikan maupun setelah ada di Desa sebagai pelaksana Pilkades. “Pelaksanaan Pilkades sama seperti pelaksanaan Pilkada, dimana logistiknya harus diamankan sampai hari pelaksanaannya. Hal itu sebagai upaya pelaksanaan yang adil dan prosedur,” lanjutnya.

Dikesempatan itu disampaikan juga bahwa semua calon Kades bersama panitia pelaksanaan Pilkades, BPD, telah melaksanakan penandatanganan kesepamahan dan komitmen untuk pelaksanaan Pilkades damai. “Jum’at 28/9 kemarin, disaksikan pihak Kepolisian dan TNI, BPD dan panitia Pilkades, semua calon Kades telah menyatakan kesiapan untuk menjaga pelaksanaan Pilkades damai dan jujur serta adil,” tegasnya.

Untuk diketahui oleh seluruh warga Desa pelaksana Pilkades, jika Senin 1/10 (hari ini, red), akan dilaksanakan kampanye masing-masing calon, termasuk penyampaian visi dan misi. Kegiatan itu sendiri akan berlangsung selama tiga hari kedepan. “Kami persilakan warga untuk mendengarkan langsung penyampaian visi dan misi calon, sehingga bisa menentukan pilihan pada hari pencoblosan,” terangnya.

Diakhir keterangannya, Mulyadi meminta kepada semua calon untuk mentaati jadwal yang telah ditetapkan, dimana pada tanggal 4-6 Oktober, semua alat peraga kampanye harus sudah tidak terpasang lagi karena sudah masuk masa tenang. **