Pemerintahan

Cegah Covid-19, Pemerintah KSB Tak Laksanakan Forum Yasinan

Taliwang, – Forum Pelayanan Setara Inklusif Andalan (Yasinan) yang merupakan wadah penyampaian aspirasi masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) kepada pemerintah, untuk sementara waktu tidak dilaksanakan sebagai bentuk upaya pencegahan terhadap penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Kepastian tidak ada pelaksanaan Forum Yasinan terlihat pada Kamis malam 26/3 kemarin, dimana lokasi Central yang biasa dipergunakan untuk perhelatan terlihat sepi. “Memang benar kegiatan Forum Yasinan untuk sementara waktu ditiadakan,” kata H Abdul Azis, MH selaku sekda KSB.

H Azis sapaannya juga mengakui bahwa ditiadakan sementara waktu pelaksanaan Forum Yasinan berkaitan dengan Covid-19, lantaran kegiatan dimaksud akan menghadirkan banyak warga, sementara sekarang ini dilarang untuk berkumpul atau membuat kegiatan yang akan menghadirkan banyak orang.

Masih keterangan H Azis, ditiadakan juga mengacu pada Surat Edaran Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) bernomor: 360/170/ BPBD/II/2020 yang telah dikeluarkan sejak tanggal 22 Maret 2020 lalu, dimana surat dimaksud mengingatkan tentang kewaspadaan segenap komponen masyarakat NTB dalam penanganan penyebab Covid-19. “Bupati KSB juga sudah menindaklanjuti surat edaran Gubernur NTB dengan mengeluarkan surat edaran Nomor: 360/700/PROKOPIM/II/2020 tanggal 23 Maret 2020. Surat itu sendiri dalam menjaga dan melindungi masyarakat dari penyebaran dan penularan Virus Corona di KSB,” bebernya.

Soal sampai kapan ditiadakan pelaksanaan Forum Yasinan, Sekda tidak memberikan keterangan pasti, namun yang pasti akan dihelat kembali ketika kondisi terkait dengan penyebaran virus Corona sudah membaik. “Dihentikan sampai batas waktu yang tidak ditentukan,” tuturnya. **