PMI Positif Covid-19, Dua Orang Pasien Karantina Sembuh

Taliwang, – Pekerja Migran Indonesia (PMI) menjadi penyumbang pasien terkonfirmasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Beberapa hari sebelumnya PMI yang pulang dari Banglades dinyatadan positif, kini tambahan satu orang lagi dari PMI yang pulang dari Amerika.

Kepastian ada tambahan terkonfirmasi positif pada Rabu malam 17/6 kemarin, dimana pemerintah melalui Tim gugus tugas pencegahan dan penanganan Covid-19 telah menerima hasil pemeriksaan swab dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dimana terdapat 9 orang negatif dari Orang Tanpa Gejala (OTG), 3 orang negatif dari Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG), 6 orang negatif 1 kali dari pasien konfirmasi Covid-19. 2 orang negatif 2 kali dari pasien konfirmasi Covid-19, 1 orang positif ulangan dan 1 kasus baru konfirmasi Covid-19.

Untuk penambahan pasien Covid-19 (Pasien 14 KSB) yang berasal dari cluster Amerika karena memiliki riwayat perjalanan dari negara tersebut. Dengan isial WS (24), seorang laki laki yang beralamatkan di Desa Kokarlian, Kecamatan Poto Tano. Sementara untuk riwayat kontak dengan pasien konfirmasi Covid-19 belum terindentifikasi.

Sementera 2 pasien covid-19 dinyatakan sembuh setelah melalui dua kali negatif swab, yakni MZY (19 tahun) dan MA (23 tahun). Keduanya beralamatkan di Desa Beru Kecamatan Brang Rea. “Dengan adanya penambahan kasus baru dan 2 orang negatif 2 kali, maka jumlah pasien pasien positif di Kabupaten Sumbawa Barat sampai hari ini sebanyak 14 orang dengan rincian, 3 orang telah sembuh, 10 orang dalam perawatan dan 1 orang meninggal dunia,” tutur H Abdul Azis, MH selaku ketua harian Gugus Tugas Covid-19 KSB melalui release resminya.

Sementara pasien yang di isolasi di rumah isolasi khusus Rusunawa sejumlah 18 orang yaitu 13 dari pasien positif termasuk dua yang telah dinyatakan sembuh dan tiga orang dari pelaku perjalanan tanpa gejala.

Hingga saat ini jumlah PPTG di KSB adalah 7.553 orang, OTG 268 orang, ODP 144 orang, PDP 9 orang dan sudah selesai dalam pengawasan. “Hingga saat ini jumlah PPTG di KSB adalah 7.553 orang, OTG 268 orang, ODP 144 orang, PDP 9 orang dan sudah selesai dalam pengawasan,” urainya.

Sebagai informasi, PMI yang pulang dari Amerika berjumlah 3 orang, sementara dari Banglades 1 orang dan satu orang lagi PMI yang pulang dari Kuwait. **