Pembelajaran Metode Tatap Muka Direncanakan Awal Agustus 2020

Sumbawa Besar, – Bupati yang diwakili Sekretaris Daerah Drs. H. Hasan Basri MM, bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 NTB, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kabag Pemerintahan, Perwakilan Dinas Diknas, dan para Kepala Sekolah SD, SMP, SMA menyambut kedatangan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kehadiran Gugus Tugas Provinsi ini untuk mengikuti Rapat Sosialisasi Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 di Aula Hasan Usman Lantai I Kantor Bupati Sumbawa.

Dalam sambutannya, Bupati Sumbawa menyampaikan terima kasih dan selamat datang kepada Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTB di Kabupaten Sumbawa. Dikatakan, merebaknya pandemi Covid-19 telah menyebabkan Indonesia mengubah beberapa kebijakan pada sektor pendidikannya, seperti ditiadakannya kegiatan belajar mengajar tatap muka di sekolah, proses PPDP yang dilaksanakan secara daring, hingga ditiadakannya pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Langkah serupa juga diambil Pemerintah Kabupaten Sumbawa pasca munculnya kasus pertama Covid-19 di Kabupaten Sumbawa pada awal April 2020 lalu.

Selanjutnya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dimulai dari tanggal 13 hingga 15 Juli 2020 dapat laksanakan secara virtual atau dengan metode tatap muka secara langsung dengan menyesuaikan situasi dan kondisi sekolah masing-masing. Sementara itu siswa kelas 2 sampai kelas 6 Sekolah Dasar dan siswa kelas 8 dan 9 SMP melaksanakan pembelajaran dari rumah sampai dengan tanggal 29 Juli 2020. Sedangkan kegiatan pembelajaran dengan metode tatap muka direncanakan akan dimulai pada awal Agustus mendatang.

Di akhir sambutannya, Bupati berharap agar kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan dan dipandang sangat relevan untuk dijadikan sebagai salah satu referensi bagi semua pihak yang berkecimpung di dunia pendidikan, baik guru, orang tua murid, dan murid itu sendiri, sehingga proses pembelajaran di masa pandemi dapat berjalan optimal, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan. **