Politik

Paslon Tidak Hadir, KPU KSB Gagal Gelar Pendalaman Visi dan Misi

Taliwang, – Pendalaman visi dan misi pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang sedianya dilaksanakan pada Senin malam 23/11 di Studio TVRI NTB Mataram, gagal digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), lantaran pasangan calon Bupati dan wakil Bupati KSB, Dr Ir H W Musyafirin, MM – Fud Syaifuddin, ST berhalangan hadir.

Tidak hadir satu-satunya pasangan calon Bupati dan wakil Bupati KSB bukan atas kesengajaan, tetapi lebih pada persoalan kesehatan, dimana calon Bupati, H W Musyafirin dalam kondidi tidak sehat, sementara calon Wakil, Fud Syaifuddin tidak berkenan kelar daerah dalam masa pandemi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Debat publik atau pendalaman visi dan misi lantaran hanya satu pasangan calon pada sesi pertama itu mengambil tema kemandirian ekonomi, kemandirian infrastruktur serta soal lingkungan hidup. Untuk sesi kedua hanya ada tiga persoalan besar yang akan dibahas, yaitu, terkait dengan daya saing sumber daya pemerintahan, kemudian soal pemerintahan dan pelayanan publik serta masalah sosial dan kemasyarakatan.

Terkait dengan tidak jadi dilaksanakan debat dimaksud, KPU KSB mengeluarkan pernyataan resmi dimana menegaskan bahwa debat putaran pertama tidak dapat dilaksanakan, meskipun pihak KPU KSB telah mempersiapkan fasilitas dan sarana, lantaran pasangan calon bupati – wakil bupati, HW Musyafirin – Fud Syaifuddin berhalangan hadir.

Dalam surat resmi KPU KSB itu menyampaikan bahwa debat publik atau pendalaman visi misi yang sedianya dilaksanakan pada Senin Malam 23/11 tidak dapat dilaksanakan, karena pasangan calon bupati dan calon wakil bupati berhalangan hadir dengan alasan, calon Bupati HW Musyafirin tidak dapat hadir karena dalam keadaan sakit, sedangkan calon wakil bupati, Fud Syaifuddin tidak berkenan keluar daerah dalam kondisi pandemi Covid-19.

Dalam pernyataan resmi juga tertulis bahwa keluarga besar KPU KSB mendoakan agar calon bupati dan calon wakil bupati diberikan kesembuhan dan kekuatan agar bisa mengikuti debat publik/pendalaman visi dan misi untuk putaran kedua yang akan dilaksanakan mendatang.

Sebagai informasi, KPU KSB telah menyusun rencana pelaksanaan debat publik atau pendalaman visi dan misi sesi kedua pada 3 Desember mendatang. Terkait lokasi masih menggunakan studio TVRI Mataram. **