Pemdes Mantun Ajak Masyarakat Kenali Stunting Dan Kanker Serviks

Maluk, – Pemerintah Desa Mantun kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) memiliki komitmen serius untuk menekan angka stunting atau masalah gizi kronis pada anak akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan, termasuk penderita mengalami gangguan pada tinggi badan anak, sehingga lebih rendah dibandingkan anak-anak seusianya.

“Kami bersama tim penggerak PKK Desa Mantun menggandeng berbagai pihak dan bersinergi dengan DWP Unit SMKN 1 Maluk, terus memperkenalkan kepada masyarakat tentang stunting, termasuk langkah pencegahannya,” kata Heri Wibowo S.St selaku Kades Mantun saat dikonfirmasi media ini, kemarin.

Lanjut Heri Wibowo, intensitas melakukan sosialisasi tentang stunting dalam rangka mengajak masyarakat mengenal ciri dan penyebab stunting, terutama peran untuk melakukan pencegahan terjadi stunting pada anak. “Masyarakat harus juga diberikan edukasi tentang pencegahan stunting, diantaranya, perbaikan terhadap pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih,” lanjutnya.

Sementara untuk pencegahan stunting bisa dengan pengelolaan advokasi konvergensi pencegahan stunting, rumah desa sehat, konseling gizi, peningkatan kapasitas dan pemberian insentif untuk kader pembangunan manusia, kader posyandu dan pendidik PAUD, peningkatan layanan kesehatan untuk ibu dan anak, peningkatan akses ibu hamil dan menyusui serta balita terhadap jaminan kesehatan, pembangunan fasilitas air bersih dan sanitasi, penyediaan makanan sehat dan bergizi untuk ibu hamil, balita dan anak sekolah, pencegahan perkawinan anak dan pendidikan tentang pengasuh anak melalui PAUD.

Disampaikan Heri Wibowo, dalam rangka memperkenalkan stunting beserta pencegahannya, PKK Desa Mantun melalui Pokja 4 sangat intens melaksanakan kegiatan penyuluhan. “Saat penyuluhan bukan hanya persoalan stunting yang dibahas, tetapi juga memperkenalkan kanker serviks atau kanker leher rahim yang dapat menyebabkan kematian,” ungkapnya.

Dikesempatan itu Kades mengaku sangat apresiasi atas ikhtiar yang dibangun Ibu-ibu PKK Desa Mantun yang terus melaksanakan program sebagai bentuk dukungan atas pemerintah Desa. **