DPMD KSB Harap Wakil KSB Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Bisa Juara

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) berharap, Desa Kalimantong dan Kelurahan Menala yang menjadi wakil dalam lomba Desa dan Kelurahan tingkat provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bisa mendapatkan juara.

Optimisme itu setelah melihat kesiapan Desa Kalimantong dan Kelurahan Menala beserta masyarakat untuk ambil bagian, apalagi wakil KSB itu sendiri telah diberikan pendampingan secara serius. “Semoga bisa mendapatkan juara pada lomba penilaian Desa dan Kelurahan,” ucap Rizki Saputra S.Ip, MM.Inov selaku kabid pemerintah Desa pada DPMD KSB.

Disampaikan Rizki sapaan akrabnya, mendapatkan juara dalam lomba tingkat provinsi itu sendiri bukan target capaian, tetapi lebih pada ajakan kepada masyarakat beserta pemerintah desa dan kelurahan untuk, agar selalu berinovasi dalam rangka percepatan pembangunan dan peningkatan layanan. “Desa dan kelurahan yang mewakili daerah akan terus berbenah, begitu juga Desa dan Kelurahan lain ingin juga mendapatkan kepercayaan sebagai wakil kabupaten,” lanjutnya.

Keyakinan akan ada perkembangan bisa dilihat dengan lonjakan perkembangan desa dan kelurahan berdasarkan indikator dan subindikator penilaian, karena tidak membedakan tipe desa dan kelurahan, sehingga seluruh desa dan kelurahan berpeluang yang sama untuk menjadi pemenang. “Indikator penilaian administrasi sebesar 80 persen untuk bidang pemerintahan, bidang kewilayahan dan bidang kemasyarakatan. Selanjut ada 15 persen dari klarifikasi lapangan dan 5 persen untuk pemaparan,” bebernya.

Untuk diketahui bersama, tim penilai tingkat provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk lomba Desa dan Kelurahan tahun 2023, telah melakukan pengecekan langsung pada Desa Kalimantong sebagai wakil KSB untuk lomba Desa dan Kelurahan Menala yang mewakili untuk lomba kelurahan.

Keyakinan dapat meraih juara pernah juga disampaikan Drs Mulyadi M.Si selaku asisten yang kini menjadi Pelaksana Harian (PLH) Sekda KSB, lantaran saat ikut mendampingi tim penilaian untuk melakukan pengecekan, sejumlah indikator penilaian dapat dipenuhi, bahkan terlihat jelas adanya perubahan pada bidang pemerintahan, bidang kewilayahan dan bidang kemasyarakatan. “Sangat yakin bisa menjadi juara,” tuturnya. **