Kades Bukit Damai Klaim Sudah Terapkan Pemerintahan Terbuka

Maluk, – Sejumlah Desa di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) telah mendapatkan bimbingan sekaligus pendampingan dalam pengelolaan anggaran dari pihak Kejaksaan KSB. Salah satu Desa yang menikmati program dimaksud adalah Desa Bukit Damai di kecamatan Maluk.

“Staf pemerintah Desa pernah mendapatkan bimbingan dan pendampingan dari Kejaksaan KSB dalam pengelolaan anggaran di Desa. Hal itu sangat penting untuk mengantisipasi adanya penyalahgunaan atas alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes),” kata Suwardi selaku Kades Bukit Damai, saat dikonfirmasi media ini beberapa waktu lalu.

Masih keterangan Suwardi, transfer ilmu yang diberikan staf Kejaksaan KSB diakui menjadi modal kuat untuk memastikan pelaksanaan program serta pertanggung jawaban sesuai regulasi dan prosedurnya. “Saya sangat yakin pelaksanaan program di Desa Bukit Damai beserta pertanggung jawaban sesuai dengan aturan,” klaimnya. 

Keyakinan sudah mampu melaksanakan program beserta pertanggung jawaban sesuai regulasi, Suwardi memastikan pemerintah Desa Bukit Damai sudah melaksanakan pemerintahan yang terbuka, dimana masyarakat dapat mengetahui langsung bentuk dan realisasi atas program dimaksud. “Kami selalu siap untuk diawasi secara langsung oleh masyarakat,” tegasnya.

Salah satu langkah yang dilakukan dirinya sebagai pembuktian pelaksanaan program terbuka, dalam beberapa pertemuan dengan masyarakat selalu disampaikan program dalam kurun waktu tahun berjalan. “Salah satu program unggulan yang dilaksanakan dalam bentuk pemberdayaan kepada masyarakat adalah, santunan uang belanja harian yang diberikan kepada para janda,” terangnya.

Dikesempatan itu Suwardi mengaku bahwa pihak pemerintah Desa telah mengumumkan 15 orang janda sebagai penerima program bantuan uang harian dalam bentuk pangan tersebut, tersebut menyampaikan ada keinginan untuk menambah jumlah penerima, lantaran dari laporan dari seluruh Rukun Tetangga (RT), jika total keseluruhan janda dalam wilayah Desa sebanyak 71 orang,” tandasnya.

Menerapkan pemerintahan terbuka dinilai sangat penting, agar dirinya beserta jajaran pemerintah bisa mendapatkan saran, kritik dan masukan dari masyarakat, baik dalam bentuk usulan program maupun kinerja. “Pemerintah Desa Bukit Damai sangat membutuhkan dukungan serta pengawasan langsung dari masyarakat,” akunya. **