Disparpora KSB Pastikan, Semua Anggota Paskib Siap Bertugas

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) memastikan, jika seluruh anggota pasukan pengibaran bendera (Paskib) sudah siap untuk melaksanakan tugas pengibaran bendera merah putih pada upacara dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan ke-78.

“Kami bisa menyatakan sudah final kalau yang berkaitan dengan tekhnis. Buktinya, telah dilakukan uji coba menyeluruh (gladi kotor) dengan komposisi lengkap dan besok (Hari ini, red) akan dilakukan gladi bersih,” kata Indra Jaya S.Pt, M.Si selaku kabid Pora saat mengawasi tahapan latihan.

Diingatkan Indra Jaya, gladi yang dilakukan itu sendiri untuk memastikan posisi dari masing-masing anggota paskib, jadi kalau ada perubahan tidak terlalu signifika yang memiliki pengaruh besar. “Setelah dilakukan gladi bersih nanti, maka bisa langsung dikatakan persiapan secara tekhnis beserta komposisi sudah rampung,” lanjutnya.

Terkait dengan prasarana pendukung, Indra Jaya juga mengaku bahwa seluruh calon anggota paskib telah melakukan uji coba seragam dan sepatu masing-masing dan tidak ada yang menjadi masalah atau sudah siap untuk dipergunakan. “Seragam dan sarana pendukung sudah siap juga atau tinggal dipergunakan pada puncak acara,” tandasnya.

Masih keterangan Indra Jaya, seluruh calon anggota paskib akan mengikuti gladi pelantikan yang menjadi rangkaian penting sebelum melaksanakan tugas pengibaran. “Hari ini mereka masih dikatakan sebagai calon, jadi harus dilakukan pengukuhan yang akan berlangsung pada Rabu malam atau sehari sebelum bertugas melakukan pengibaran bendera,” terangnya. **