Sambut Harla Ke-20, Pemerintah KSB Gelar Lomba Senam SICITA

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), telah menggelar senam Indonesia Cinta Tanah Air (SICITA). Kegiatan yang dimulai pada Senin 30/10 itu dipusatkan di gedung Hanipati Taliwang.

Lomba SICITA yang merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Harla KSB itu melibatkan berbagai pihak, dimulai dari pelajar pada tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Selain itu juga ada jenjang khusus tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta umum.

“Pendaftar yang mengikuti lomba SICITA sebanyak 235 regu. Jumlah itu sendiri diluar perkiraan panitia, sehingga pelaksanaan akan berlangsung cukup lama,” kata Indra Jaya S.Pt, M.Si selaku kabid Pora, saat acara pembukaan berlangsung.

Disampaikan Indra sapaan akrabnya, panitia telah menyiapkan hadiah yang akan diperebutkan para peserta. Untuk kategori OPD dan umum yang menjadi juara akan menerima hadiah sebesar Rp. 5 juta bagi juara pertama, kemudian Rp. 4 juta bagi juara kedua dan Rp. 3 juta bagi juara ketiga.

Sementara tingkat satuan pendidikan (Sekolah) pada semua jenjang disiapkan hadiah sebesar Rp. 3 juta bagi juara pertama dan Rp. 2 juta bagi juara kedua serta Rp. 1 juta bagi juara ketiga. “Hadiah yang disiapkan memang tidak terlalu besar, karena semangatnya adalah memeriahkan Hari Lahir (Harla) KSB.

Diingatkan Indra, gerakan lomba SICITA menggunakan gerakan pakem atau baku namun sudah dikreasikan. Sementara untuk penilainnya dilihat dari tehnik gerak, kekompakan serta penampilan dari para peserta itu sendiri. “Panitia telah mempercayakan pada ahli sebagai dewan juri, sehingga dalam penentuan nanti benar-benar obyektif,” timpalnya. **