Upacara Hari Kesaktian Pancasila Berlangsung Khidmat

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017. Kegiatan yang dilaksanakan dilapangan Graha Fitrah lingkungan Kemutar Telu pada Senin pagi 2/10 kemarin itu berlangsung khidmat.

Bupati KSB Dr Ir H W Musyafirin MM bertindak sebagai inspektur upacara, sedangkan Ketua DPRD KSB, Muhammad Nasir ST MM sebagai pembaca Ikrar, sedangkan komandan upacara dipercayakan kepada Kapt Cba, Agus SH selaku komandan rayon militer (Danramil) Taliwang 1607-05/Taliwang

Bupati dalam sambutannya mengatakan, dalam peringatan hari kesaktian Pancasila tahun 2017 ini, kita dapat menggali kembali sejarah perkembangan bangsa, yaitu tepatnya pada tanggal 1 juni 1945, Ir. Soekarno telah mengusulkan falsafah negara Indonesia yakni pancasila atau lima azas. Sejak itulah Pancasila telah dipandang sebagai sistem filsafat, etika moral, etika politik, pandangan hidup dan ideologi nasional.

Namun kemudian pada tanggal 30 september 1965, muncullah awal dari gerakan PKI atau disebut G30/S PKI. Gerakan ini merupakan pemberontakan yang berusaha mengubah ideologi negara Indonesia yakni Pancasila menjadi ideologi komunis. Pada gerakan tersebut, enam orang jenderal dan seorang perwira dibunuh dengan keji.  Pembunuhan para pahlawan revolusi ini dibungkus dengan fitnah bahwa para jenderal akan melakukan kudeta. Namun berkat pertolongan Allah SWT dan kesadaran bangsa Indonesia untuk mempertahankan Pancasila, maka kudeta yang sejatinya dilakukan orang-orang PKI tersebut mengalami kegagalan.

Pancasila adalah jati diri bangsa Indonesia, sebagai pandangan hidup, ideologi dan alat pemersatu bangsa Indonesia yang majemuk. Kondisi ini dapat terjadi karena di dalam perjalanan sejarah dan adanya kompleksitas keberadaan bangsa Indonesia seperti keragaman suku, agama, bahasa daerah, pulau, adat istiadat, budaya serta warna kulit jauh berbeda satu sama lain, tetapi mutlak harus dipersatukan dan alhamdulilah Pancasila mampu mempersatukannya hingga saat ini.

Hal tersebut telah sejalan dengan tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini, yaitu Kerja Bersama Berlandaskan Pancasila Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur. Tema itu sendiri sejalan dengan semangat membangun KSB, yakni gotong royong. “Alhamdulillah kita di KSB jiwa kerja bersama ataugotong royong kembali kita bangkitkan dan terus kita lestarikan dalam kehidupan kita, dengan semangat Ikhlas, Jujur Dan Sungguh-Sungguh, kita wujudkan KSB menjadi Bumi Gotong Royong,” harapnya. **/Hms