Wabup Minta Nilai Agama dan Budaya Ditanamkan Sejak Dini

Taliwang, – Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpusda) menggelar mendongeng dalam rangka meningkatkan minat dan kegemaran membaca bagi anak usia dini (PAUD/TK) yang berada di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Kegiatan yang dipusatkan dipelataran Dinas Arpusda itu dihadiri Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin ST, terlihat juga ketua tim penggerak PKK KSB yang juga sebagai Kepala Sekolah (Kasek) PAUD BKM HI Pariri, Hj Hanifah W Musyafirin, SPt, pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora), Drs Tajuddin Msi, termasuk para pendidik dari PAUD/TK serta ratusan anak PAUD/TK sebagai peserta.

Wabup KSB dalam sambutannya menegaskan, kegiatan yang dilaksanakan ini harus menjadi bagian dari menanamkan nilai budaya dan agama dari tenaga pendidik kepada peserta didik, apalagi kepada anak usia dini. “Melahirkan generasi KSB yang pintar dan cerdas memang penting. Namun yang lebih penting lagi adalah mencetak generasi masa depan KSB yang memiliki iman dan akhlak yang mulia,” tegasnya.

Masih keterangan Wabup KSB, penanaman nilai agama dan budaya harus menjadi ikhtiar terbesar dari kita semua, agar anak didik kita memiliki dasar iman yang kuat serta mengetahui budaya, adat istiadat daerah itu sendiri

Sementara, penanaman nilai budaya dimaksudkan agar sejak dini generasi Sumbawa Barat mengetahui tradisi, adat istiadat di Tanah Pariri Lema Bariri. Anak-anak mengetahui dan mempraktikkan bahasa daerah yang halus, baik dan benar. ‘’Ini merupakan tugas pendidik dan orang tua di tengah arus teknologi informasi yang sangat pesat saat ini,’’ imbuh Wakil Bupati.

Wakil Bupati juga mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Kantor Kearsipan dan Perpustakaan Daerah. Kegiatan mendongeng ini memberikan wadah penyaluran minat, bakat dan kreativitas anak PAUD/TK. Selain itu juga akan mengasah mental anak-anak. Diharapkan dengan kegiatan ini minat baca akan semakin tinggi pada generasi muda. Kepala Dinas Arpusda dan jajaran juga harus terus berinovasi merangsang minat baca masyarakat KSB terutama terhadap siswa siswi.

Hirawan Atta MH selaku kepala Dinas Arpusda dalam laporannya menyampaikan, kegiatan mendongeng ini salah satu upaya Dinas Arpusda meningkatkan angka kunjungan masyarakat ke Arpusda untuk membaca. Selain itu, Arpusda telah mengimbau sekolah-sekolah untuk mengajak siswanya mengunjungi Kantor Arpusda untuk membaca. “Upaya ini penting karena kebiasaan membaca di perpustakaan semakin menurun karena mudahnya mendapat akses informasi melalui gadget,” katanya. **