Pendidikan

Dikpora Gelar Lomba Apresiasi PTK PAUD dan PNF

Taliwang, – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) yang berada di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), menggelar lomba apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) Tahun 2017.

Lomba yang dipusatkan di Taman Tiangnam itu, sengaja digelar untuk sebagai wadah bagi guru PAUD dan PNF di KSB, termasuk bagi anak didiknya dalam mengimplementasikan kreatifitas serta berinovasi dalam pengembangan pendidikan anak usia dini.

“Peran guru sangat penting, apalagi guru yang bertugas pada PAUD dan Taman Kanak-Kanak (TK), karena yang dididik merupakan anak-anak yang sedang berekspresi dengan apa yang dilihat, jadi keberadaan guru PAUD dan TK sangat penting dalam membangun pondasi karakter anak-anak,” kata Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin ST, saat membuka acara pada Senin 23/10 kemarin.

Dikatakan Wakil Bupati, lomba ini sebagai wadah untuk mengevaluasi kreativitas dan strategi guru PAUD dan Pendidikan Non Formal dalam mendidik. Harus disadari kemajuan suatu bangsa sangat ditentukan  oleh kualitas sumber daya manusia (SDM). Kualitas SDM sangat ditentukan oleh kualitas guru dan tenaga kependidikan. “Karenanya, guru PAUD dan TK sangat penting untuk membangun karakter anak bangsa,” katanya.

Wabup juga mengajak kepada seluruh guru PAUD dan PNF, untuk bersama-sama membuat sejarah yang baik di manapun berada. Diharapkan dari lomba apresiasi PTK Guru PAUD ini akan lahir inovasi-inovasi yang akan dibawa pulang untuk diterapkan di lingkungan pendidikannya masing-masing dalam mendidik anak-anak. Bergotong royong dengan semangat ikhlas, jujur dan sungguh-sungguh mempersiapkan, mencetak generasi emas KSB.

Hal penting lain yang disampaikan wabup KSB, lomba yang digelar bukan semata-mata untuk mencari siapa juaranya, tetapi lebih pada silaturahmi antar guru itu sendiri, sehingga diminta agar momentum itu dijadikan sebagai kesmepatan bertukar pikiran, ilmu dan pengalaman. “Lomba adalah bagian dari pelaksanaan kegiatan ini, paling penting saling mengingatkan tentang apa kendala yang dihadapi selama melaksanakan tugas, sehingga bisa dicarikan solusinya,” tandasnya. **