Proyek Lingkup Dermaga Labuhan Lalar Diperiksa PPK

Taliwang, – Dinas Perhubungan (Dishub) tidak ingin proyek yang menjadi tanggung jawab dikerjakan asal-asalan oleh pihak rekanan, termasuk sejumlah pekerjaan yang berada dalam areal lingkup Dermaga Labuhan Lalar, sehingga intens melakukan pengecekan lapangan.

Untuk pengecekan sejumlah proyek, Dishub langsung mengutus Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk mendatangi lokasi. Hal itu dilihat pada waktu Inspeksi Mendadak (Sidak) yang dilakukan pada Rabu siang 8/11 kemarin, bahkan pihak PPK sendiri langsung menghadirkan rekanan, konsultan perencana dan konsultan pengawas.

“Kami ingin memastikan bahwa proyek yang dikerjakan para rekanan sesuai spesifikasi, sesuai lokasi pelaksanaan proyek, termasuk volumenya. Untuk memastikan proyek tersebut tidak melenceng harus dicek langsung dan pihak rekanan diminta untuk memberikan penjelasan tentang pekerjaan yang dilaksanakan,” kata Irwansyah SE selaku PPK proyek lingkup Dishub Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Diingatkan Irwan sapaan akrabnya, pengecekan lapangan harus dilakukan saat proses pekerjaan itu berlangsung, agar bisa langsung diberikan masukan atau saran kepada rekanan, jika dilihat ada kejanggalan atas pekerjaan tersebut. “Saya sebagai PPK harus bisa meyakini diri, jika pekerjaan yang dilaksanakan itu sudah sesuai dengan kontraknya, karena pasti ikut bertanggung jawab atas proyek tersebut,” lanjutnya.

Saat melakukan pengecekan terhadap empat proyek dalam areal Dermaga Labuhan Lalar, Irwan meminta kepada seluruh pelaksanaan proyek, agar melakukan pemasangan papan informasi tentang proyek yang dikerjakan, sehingga masyarakat bisa mengetahui dan pastinya dapat ikut mengawasi. “Saya minta pada kunjungan berikutnya, papan nama proyek harus sudah terpasang,” tegasnya.

Sebagai catatan penting yang disampaikan Irwan dihadapan rekanan maupun konsultan, jika dirinya tidak akan pernah memberikan tambahan waktu pekerjaan, jadi para kontraktor harus mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai kontrak kerjanya. “Tidak ada istilah tambah waktu pekerjaan, jadi rekanan harus serius menyelesaikan seluruh item pekerjaan, jika tidak ingin dilakukan pemutusan kontrak,” ancamnya.

Sejumlah proyek yang dikerjakan dalam lingkup Dermaga Labuhan Lalar adalah, pembangunan drainase disepanjang jalur dalam Dermaga, pembangunan taman, lalu ada pekerjaan pembangunan tebing pengaman serta ada pembangunan WC disekitar terminal penumpang. **