Pendidikan

Dikpora Gandeng KNPI Gelar Training Public Speaking dan MC

Taliwang, – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) yang berada di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), menggadeng Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), menggelar training public speaking dan pelatihan Master of Ceremony (MC).

Kegiatan yang dipusatkan di Kedai Sawah itu menghadirkan 82 orang peserta dari berbagai elemen dan dihadiri langsung oleh Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin ST, termasuk Najamuddin Amy, S.Sos, MM, wakil ketua Komisi Informasi (KI) Nusa Tenggara Barat (NTB), serta Maryati S.Sos, selaku MC profesional di Bumi Pariri Lema Bariri itu.

Pada kesempatan itu Wabup mengingatkan kepada seluruh peserta, jika kegiatan yang dilaksanakan itu sangat penting dalam mengetahui kemampuan diri masing-masing, jadi bukan hanya dijadikan momentum untuk belajar, “Saya minta semua yang menjadi peserta untuk mengikuti seluruh rangkaian acara, agar bisa mengembangkan kemampuan diri,” katanya.

Dikesempatan itu Wabup juga menjanjikan, bagi yang ditetapkan sebagai terbaik sebagai MC, akan diberikan hadiah berupa Surat Keputusan (SK) pengangkatan sebagai Pegawai Tidak Tetap (PTT). Jika yang sudah berstatus PTT maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS), akan diberikan kesempatan untuk memilih tempat kerja, apalagi memiliki keinginan untuk menjadi MC kegiatan formal pemerintahan. “Intinya, ada hadiah khusus yang akan saya berikan bagi yang ditetapkan terbaik,” janjinya.

Wabup juga sempat memberikan pesan kepada semua peserta yang hadir, jika sudah bisa menjadi pembicara atau MC, maka yang paling penting untuk diperhatikan tetap mau belajar dan jangan pernah sombong, karena kesombongan itu sendiri akan menghancurkan diri kita sendiri. “Orang yang memiliki ilmu tidak mungkin sombong, karena memang sangat paham bahwa kesombongan itu akan merusak reputasi dan kemampuan diri masing-masing,” tuturnya.

Sementara Trisman ST, MP selaku ketua DPD KNPI KSB mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan itu lebih pada mengembangkan kemampuan generasi muda. Dikesempatan itu juga dijanjikan, jika pada tahun 2018 mendatang akan kembali menggelar kegiatan serupa, bahkan akan diupayakan menghadirkan Najwa Shihab sebagai salah seorang narasumber. “Kegiatan ini adalah agenda tahunan bagi KNPI,” ucapnya.

Sedangkan Syamsul Hadi SPd selaku Kabid Pemuda dan Olahraga mengingatkan, jika Dikpora sengaja menggandeng KNPI KSB sebagai pelaksana kegiatan. “Ini membuktikan bahwa hubungan pemerintah dengan lembaga masyarakat cukup baik dan akan terus dikembangkan,” urainya. **