DKP Siapkan Anggaran Bantuan Sampan PDPGR 100 Unit

Taliwang, – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) akan kembali meluncurkan program bantuan sampan kepada para nelayan ditahun 2018 sebanyak 100 unit. Jumlah pengadaan itu cukup sedikit dibanding tahun 2017 yang mencapai 943 unit sehingga belum bisa memenuhi seluruh permintaan masyarakat.

“Hasil perhitungan kami, sekitar 200 unit lagi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap sampan lengkap dengan mesin, jadi akan diupayakan lagi ada tambahan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) tahun 2018,” tegas Ir H Mansyur Sofyan MM selaku kepala DKP Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), kepada media ini Kamis 4/1 kemarin.

Bantuan sampan yang dibungkus dalam Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR)  tetap akan diperuntukan bagi masyarakat miskin dengan pola wajib membuka rekening dengan nominal awal sebesar 10 persen dari nilai bantuan. “Ini bantuan pemerintah, jadi tetap menggunakan mekanisme PDPGR yang sudah pernah dilaksanakan pada tahun sebelumnya,” lanjutnya.
Dikesempatan itu H Mansyur Sofyan menyampaikan, jika jumlah nelayan sesuai data yang dimiliki DKP sebanyak 2019 orang, namun tidak semua memenuhi kriteria untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah KSB. “Kalau jumlah nelayan yang membutuhkan bantuan setelah terealisasi tahun 2017 sekitar 200 nelayan lagi, jadi semoga dengan adanya 100 unit ini bisa mengurangi jumlah nelayan masuk kategori miskin,” harapnya.

Menyinggung bantuan tahun 2017, H Mansyur Sofyan memastikan bahwa seluruh bantuan sampah, termasuk sampan untuk Lebo Taliwang telah terdistribusi seluruhnya, meskipun baru bisa dituntaskan dipenghujung tahun 2017. “Bantuan terakhir dapat kami salurkan pada 31 Desember lalu, jadi tidak ada yang batal terdistribusi,” akunya.

Keterlambatan pendistribusian itu bukan lantaran sampan yang terlambat diselesaikan, namun masyarakat selaku penerima bantuan yang cukup lama membuka rekening bantuan. “Kami baru bisa menyerahkan bantuan setelah nelayan itu membuka rekening, jadi tidak akan pernah pihaknya memberikan bantuan kepada yang belum membuka rekening, karena itu adalah salah satu syaray yang ditetapkan,” tegasnya. **