DPUPRPP Siap Perbaiki Ruas Jalan Lintas Tepas-Bangkat Monteh

Taliwang, – Kerusakan parah ruas jalan lintas Tepas – Bangkat Monteh yang berada di kecamatan Brang Rea sudah terdata oleh Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Permukiman (DPUPRPP), bahkan ditetapkan sebagai pekerjaan perbaikan perioritas, hanya saja belum bisa dilaksanakan dengan kondisi cuaca seperti sekarang ini.

“Kami hanya menunggu intensitas hujan berkurang agar bisa mulai melakukan perbaikan ruas jalan tersebut. Jadi kami harap masyarakat bersabar dengan kondisi jalan yang rusak berat tersebut,” kata Amar Nurmansyah ST, Msi selaku kepala DPUPRPP Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), saat dikonfirmasi media ini dalam ruang kerjanya, kemarin.

Diingatkan Amar sapaan akrabnya, untuk melakukan perbaikan dengan tambal pada titik ruas jalan rusak itu, pihaknya harus menggunakan material yang ada kandungan tanah, agar bisa lebih padat. Jika pekerjaan dilaksanakan saat hujan turun, maka ruas jalan bukan semakin baik namun akan bertambah rusak. “Kita tunggu saja intensitas huja mulai berkurang baru bisa mulai kerja,” lanjutnya, saat didampingi Armayadi selaku tenaga tekhnis jalan dan jembatan pada DPUPRPP.

Dikesempatan itu juga disampaikan bahwa pihaknya pernah melakukan perbaikan pada beberapa titik ruas jalan, seperti yang berada depan kantor Camat Brang Rea, namun usai dikerjakan justru turun hujan, sehingga material yang tersisa tinggal batu. “Kalau dilokasi ruas jalan yang rusak tersisa batu, maka masyarakat akan semakin sulit melintas bahkan berpotensi terjadinya kecelakaan, begitu juga kalau kandungan tanah lebih banyak, maka kondisi jalan akan berlumbur,” terangnya.

Untuk meyakinkan kepada masyarakat jika DPUPRPP bertanggung jawab melakukan perbaikan terhadap ruas jalan tersebut, Amar mengaku bahwa dalam waktu dekat akan mulai mendroping material dan menambal titik yang terlihat rusak parah. Hal itu akan dilakukan jika tidak turun hujan. “Kami tidak bisa memaksakan diri untuk menabur material pada titik ruas jalan tersebut, jika hujan terus mengguyur lokasi, karena material itu tidak berfungsi nantinya atau akan menambah kerusakan jalan,” katanya.

Terhadap rencana perbaikan ruas jalan yang rusak tersebut mendapat dukungan dari Dinata Putrawan ST selaku komisi III DPRD KSB, “Kami memberikan apresiasi atas penetapan perbaikan ruas jalan itu menjadi pekerjaan perioritas bagi DPUPRPP, meskipun masih harus menunggu intensitas hujan berkurang. Hal itu sebagai bentuk respon pemerintah,” ucapnya.

Dikesempatan itu Dinata sapaan politi Partai Amanat Nasional (PAN) itu berharap kepada DPUPRPP untuk merencanakan pekerjaan pembangunan drainase disepanjang ruas jalan tersebut, mengingat kerusakan lebih disebabkan genangan air. “Semoga nantinya disiapkan juga anggaran pekerjaan drainase,” pintanya. **