Bupati KSB Resmikan Sekretariat Dewan Pendidikan

Taliwang, – Gedung sekretariat milik dewan pendidikan yang berada samping Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) sudah bisa dipergunakan, setelah Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr Ir H W Musyafirin MM meresmikannya.

H Pirin sapaan akrab Bupati KSB pada kesempatan itu mengatakan, Dinas Dikpora harus manfaatkan Dewan Pendidikan KSB, dengar dan jalankan yang direkomendasikan. Tiga rekomendasi Dewan Pendidikan KSB, yakni Pemerataan dengan tiga turunan, Peningkatan Mutu dengan lima turunan dan Pengelolaan Manajemen Pendidikan dengan empat turunan kegiatan. Rekomendasi ini sangat penting guna mendukung peningkatan mutu pendidikan di KSB.

Apalagi lanjut Bupati, Dewan Pendidikan memiliki empat tupoksi yang sangat kompleks, sangat luas karena Dewan Pendidikan lebih banyak berinteraksi langsung dengan masyarakat. Empat tupoksi itu adalah, sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol dan sebagai mediator. “Alhamdulillah 2017 SPM Pendidikan Dasar KSB lebih dari 75 persen, saya harap 2018 tinggal sedikit dikejar sehingga tahun 2019 bisa tuntas,” katanya.

Namun peningkatan kualitas pendidikan tidak hanya membuat pintar anak-anak. Yang paling penting adalah upaya peningkatan pendidikan karakter. Anak anak kini pintar, namun jika tidak memiliki karakter agama maka akan lahir ekstrim kiri atau ekstrim kanan. Mudah-mudahan dewan pendidikan mampu melahirkan bukan hanya pendidikan yang berkualitas, namun juga tertanam nilai karakter. “Membangun karakter harus menyeluruh, guru sebagai pendidik juga harus memberikan keteladanan kepada anak-anak. Mari kita bangun kerjasama, bangun silaturrahim, tidak mesti persoalan kita bisa selesaikan secara formal, tetapi juga bisa dengan non formal,” ucapnya.

Dua tahun keberadaan Dewan Pendidikan KSB sangat bermanfaat, bukan hanya bagi Dinas Dikpora, tetapi juga untuk Bupati, karena masukan-masukan Dewan Pendidikan. Tentunya Pemerintah Daerah berterimakasih atas masukan, suporting, rekomendasi Dewan Pendidikan KSB dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan di KSB.

Sementara H Ramli Ahmad selaku ketua Dewan Pendidikan KSB menyampaikan, sejak dilantik 2016 pertemuan dan kegiatan Dewan Pendidikan KSB selalu berpindah-pindah. Alhamdulillah sore hari ini, Dewan Pendidikan KSB akan memiliki kantor, meski kecil mungil, namun Insya Allah akan sangat berguna. Terimakasih kepada Bupati dalam pembangunan gedung sekretariat untuk membangun pendidikan bersama pemerintah di KSB.

Dewan Pendidikan memiliki empat tugas pokok, yakni sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol dan sebagai mediator. Tentunya keberadaan Sekretariat akan meningkatkan kinerja, musyawarah-musyawarah Dewan Pendidikan KSB dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di KSB. “Mudah mudahan kerja kami semakin baik. Melalui kebersamaan untuk saling isi mengisi dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga KSB demi kelancaran tugas yang akan datang,” ujarnya.

Pembangunan gedung Sekretariat Dewan Pendidikan KSB yang ada di komplek kantor Dinas Dikpora ini merupakan bentuk kepedulian dan apresiasi yang tinggi Bapak Bupati dalam dunia pendidikan. Anggaran tahun 2017 untuk Dewan Pendidikan KSB termasuk untuk pembangunan gedung Sekretariat senilai Rp. 475,7 juta. Kemudian untuk tahun 2018 senilai Rp. 287 juta untuk memperlancar empat program Dewan Pendidikan KSB dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di KSB. **/Hms