Wabup KSB Sarapan Bersama Siswa SDN Sapugara

Taliwang, – Kebiasaan sarapan pagi bersama yang dilaksanakan guru dan siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sapugara dinilai sebagai inovasi bagus oleh Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Fud Syaifuddin ST, sehingga pada Rabu pagi 14/3 kemarin ikut sarapan bersama.

Wabup menyempatkan diri lantaran menilai bahwa sarapan pagi bersama antar guru dan siswa serta orang tua siswa itu sendiri sangat manfaat, mulai dari sehatnya anak karena sarapannya yang terjaga. Orang tua yang siap setiap pagi menyiapkan sarapan untuk anaknya. Dikontrolnya nilai gizi pada sarapan siswa oleh guru. Hingga terbangunnya suasana kebersamaan antara siswa, dengan guru dan orang tua siswa itu sendiri.

Pada kesempatan itu orang nomor dua di Bumi Pariri Lema Bariri itu bukan hanya ikut sarapan, tetapi juga memberikan perhatian lebih kepada para siswa dengan menyuapi sejumlah anak-anak pelajar tersebut, sehingga terasa betul suasana kekeluargaan dan kebersamaan. “Saya minta kegiatan yang dilaksanakan ini dipertahankan agar kebersamaan kita terus terjaga,” harapnya.

Wabup mengatakan, Besebo Jaga Sehat atau sarapan pagi menjaga sehat ini luar biasa. Kegiatan ini membangun kebersamaan antara guru dan siswa, kemudian siswa dan siswa lainnya, termasuk dengan orang tua siswa. Inovasi ini terlihat gampang tapi jarang dilakukan sekolah lain. Selain Boga Sehat, di SDN Sapugara ini juga banyak inovasi lainnya, seperti sholat dzuhur berjamaah, pagi mengaji dan lainnya yang patut ditiru sekolah lain.

Wabup juga memberikan pesan agar anak-anak tidak boleh salin mencela, selalu baik sama teman dan Orang tua wajib menjaga dan mengajar anaknya membantu guru di sekolah, menjaga tontotan anak saat di rumah sehingga anak kita menjadi anak yang pintar, cerdas, soleh dan solehah.

Dalam kesempatan ini Wabup yang didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs Mukhlis MSi, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Drs Tajuddin, Msi menegaskan akan memberikan sumbangan 100 sak semen untuk pembangunan sekolah. Usai sarapan bersama, Wakil Bupati menuliskan kalimat motivasi untuk murid SDN Sapugara Bree di papan khusus yang disedikan pihak sekolah. Wabup juga memantau kondisi sekolah dan menikmati teh bersama di lapangan tengah SDN Sapugara Bree.

Kepala SDN Sapugara Bree, Jawariah, S.Pd., SD dalam laporannya menyampaikan, selain aktivitas belajar mengajar dan sarapan bersama, SDN Sapugara menyelenggarakan penguatan pendidikan, seperti gerakan mengaji. Jika program daerah ada magrib mengaji, maka di SDN Sapugara ini ada kegiatan pagi mengaji. Hari jumat yasinan dan gerakan berinfak. Setiap hari Sabtu, melaksanakan gerakan bersih, sehat, literasi dan gotong royong. Kegiatan ini bukan saja di sekolah tetapi juga di pemukiman warga, sawah dan kebun. Selanjutnya melaksanakan sholat Dzuhur berjamaah. “Kami juga akan membangun mushola, dana kami kumpulkan dari alumni dan paguyuban,” bebernya. **