Ekonomi

Diskoperindag Inisiasi Pembagian Sembako Saat Kunjungan KASAD

Taliwang, – Dinas Koperasi Perindustrin dan Perdagangan (Koperindag) menginisiasi untuk pembagian sembako gratis untuk memeriahkan kunjungan Kepala Satuan Angkatan Darat (KASAD), Jendral Mulyono.

Untuk merealisasikan keinginan itu, pihak Dinas Koperindag Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melibatkan sejumlah pihak, terutama toko modern yang beroperasi di KSB, serta mengajak perum bulog untuk menyiapkan sembako untuk dibagikan secara gratis kepada masyarakat tidak mampu. Penyediaan sembako gratis juga dari PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT).

“Sembako yang dibagikan secara gratis merupakan paket dari Alfamart sebanyak 100 bungkus, kemudian 50 bungkus dari Indomaret 100 paket dari Perum Bulog, termasuk dengan jumlah cukup banyak dari PT. AMNT,” beber Ir Amin Sudiono, MM selaku kepala Dinas Koperindag KSB pada media ini disela acara kunjungan KASAD, Jendral Mulyono, kamis 3/5 kemarin.

Meskipun menyiapkan sembako gratis, pihaknya juga meminta agar disiapkan produk yang dijual dengan harga lebih murah, agar masyarakat yang ikut meramaikan kegiatan kunjungan itu bisa berbelanja sesuai kebutuhannya. “Kalau untuk produk yang dijual kami serahkan sepenuhnya kepada pihak toko modern, karena yang diminta harus barang yang sedang dalam promosi atau dijual lebih murah dari biasanya,” lanjutnya.

Ditambahkan Drs Syarifuddin, MM selaku sekretaris Dinas Koperindag KSB, untuk meramaikan kegiatan kunjungan tersedia juga pangan lokal yang disiapkan oleh masing-masing kecamatan, jadi masyarakat yang berkunjungan bisa menikmati produk lokal dengan harga terjangkau. “Ada pameran kuliner juga yang disiapkan dilokasi kunjungan Komandan angkatan darat,” ungkapnya.

Diakui bahwa pihaknya tidak melibatkan para pelaku produksi hasil kerajinan dalam kunjungan tersebut, lantaran stand yang disiapkan hanya berada sehari saja, sementara kalau harus memamerkan produk kerajinan membutuhkan waktu yang lama, apalagi kegiatan itu sendiri tidak banyak mengundang tamu dari luar daerah. “Kami lebih fokus untuk memperkenalkan makanan lokal,” urainya.

Pantauan langsung media ini, stand yang berada dilokasi acara syukur atas peresmian Makodim 1628/KSB juga dimanfaatkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Didukcapil), bahkan dilokasi langsung membuka pelayanan perekaman data kependudukan. “Kami menerima pelayanan perekaman data kependudukan, termasuk pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP), pencetakan akta kelahiran serta Kartu Keluarga,” aku Sutarno selaku kabid pemanfaatan data dan inovasi pelayanan. **