Safari Ramadhan, Bupati KSB Makan Sahur Bersama Warga Mujahiddin

Brang Ene, – Safari ramadhan pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) diwilayah kecamatan Brang Ene, diawali dengan makan sahur bersama antara Bupati KSB, Dr Ir H W Musyafirin, MM dengan warga sekitar yang kemudian dilanjutkan dengan sholat subuh berjamaah di Masjid Al-Muhajirin, Desa Mujahidin, pada Senin pagi 4/6.

Kegiatan itu dihadiri Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin ST, Dandim 1628/KSB, Letkol Czi Eddy Oswaronto, Kapolres KSB, AKBP Mustofa, SIK, Sekda KSB, H Abdul Azis, MH, termasuk sejumlah pejabat lingkup pemerintahan KSB.

Usai sholat subuh berjamaah, H Pirin sapaan akrab Bupati KSB menyerahkan sejumlah bantuan, mulai dari bantuan paket pembangunan Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) untuk Kecamatan Brang Ene senilai Rp. 1.673.252.000,-. Bupati juga menyerahkan secara simbolis kepada masing-masing camat, yakni paket sembako sebanyak 1.586 paket atau untuk 1.586 kepala keluarga atau sejumlah warga miskin di KSB dengan nilai Rp 301.340.000,- dengan nilai subsidi Rp. 242.026.940,-. Penyerahan sembako untuk pengurus masjid Al-Muhajirin, dan penyerahan 20 paket sembako kepada 20 wanita lansia oleh Ketua TP-PKK KSB, Hj Hanifa Musyafirin, SPt.

Dalam sambutannya, Bupati KSB menegaskan bahwa kemiskinan di KSB masih menjadi penyakit mental. Sebab, masih ada warga yang mengaku-ngaku miskin. Bupati pun mengajak masyarakat Desa Mujahidin untuk tidak bermental miskin. Untuk keluar dari kemiskinan, maka harus melakukan transaksi dengan Allah. “Caranya, dengan membaca Al-Qur’an, mendirikan sholat berjamaah dan menginfakkan sebagian rizki baik secara sembunyi-sembunyi maupun secara terang-terangan,” ungkap Bupati mengutip Qur’an Surat Fatir ayat 29.

Dikesempatan itu H Pirin berharap dengan momentum bulan Ramadhan ini, bisa menjadi kesempatan untuk melakukan evaluasi diri dan menolak untuk selalu mengaku miskin. “Kalau kita terus merasa miskin, maka sampai kapanpun akan tetap menjadi orang miskin, karena pengakuan miskin itu sendiri adalah doa,” terangnya.

Camat Brang Ene, Ns. Kamaluddin, S.Kep dalam laporannya menyampaikan, kondusifitas keamanan di Kecamatan Brang Ene tetap terjaga. Kamaluddin juga menegaskan, pihaknya akan terus mempertahankan Kecamatan Brang Ene sebagai Kecamatan Bebas Mercury.

Safari Ramadhan Bupati dan Wakil Bupati 1439 Hijriyah/2018 menyasar delapan kecamatan. Safari ramadhan dengan model buka puasa bersama dilaksanakan di Desa Air Suning, Kecamatan Seteluk. Desa Sekongkang Bawah, Kecamatan Sekongkang. Desa Bree Kecamatan Brang  Rea. Desa Jereweh, Kecamatan Jereweh. Desa Poto Tano Kecamatan Poto Tano dan Desa Tamekan, Kecamatan Taliwang. Sementara sahur bersama dilaksanakan di Desa Mujahidin Kecamatan, Brang Ene dan Desa Mantun, Kecamatan Maluk. **/Humas