Sambut HUT RI ke-73, IGTKI dan PGRI KSB Gelar Lomba Karnaval

Taliwang, – Ikatan Guru Taman Kanak-kanak (TK) Indonesia dan Persatuan Guru Republik Indonesia (IGTKI-PGRI), menggelar lomba karnaval yang diikuti oleh seluruh anak usia dini. Kegiatan dalam memperingati Hari Anak Nasional dan HUT Kemerdekaan RI ke-73 Tahun 2018 itu, dihadiri juga oleh Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr Ir H W Musyafirin MM.

Dalam sambutannya, H Pirin sapaan akrab Bupati KSB mengaku sangat bangga kepada pihak IGTKI KSB yang telah melaksanakan karnaval setiap tahun. Mengingat kegiatan dimaksud bukan sekedar kegiatan seremonial, tetapi akan memperkenalkan perbedaan, keberagamaan, kebhinnekaan sejak dini kepada anak-anak. Ini akan membentuk karakter anak, ”Kegiatan ini harus menjadi agenda rutin setiap tahunnya,” tegasnya.

Untuk mempersiapkan generasi emas, Bupati mengimbau orang tua untuk menjalani kewajiban sebagai orang tua dengan baik. Memberikan hak-hak kepada anaknya. Menghindarkan atau membebaskan kekerasan dari anak-anak. Bupati pun mencontohkan, bagi bapaknya yang merokok, agar tidak merokok di dekat anaknya. Hal itu bentuk menghormati hak-hak anak.

Dalam kesempatan ini, Bupati juga mengajak masyarakat KSB untuk mendokan korban gempa bumi di pulau Lombok. “Saudara kita di Pulau Lombok tertimpa musibah Gempa Bumi, dan sebagian di KSB, tetapi hanya sedikit. Kita doakan korban bencana alam, mereka yang jadi korban ditempatkan di tempat yang layak, keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan,” ujar Bupati mendo’akan korban gempa.

Sekretaris IGTKI-PGRI KSB, Hj Ratna, SPd.I dalam laporannya mengatakan, karnaval Taman Kanak-Kanak ini merupakan program tahunan IGTKI-PGRI KSB. Diharapkan  kegiatan ini bisa bermanfaat bagi Kabupaten Sumbawa Barat. “Terus berkiprah, berkarya dan berkreasi demi terwujudnya generasi emas Kabupaten Sumbawa Barat,” katanya.

Puluhan TK se-KSB ambil bagian dalam karnaval tahunan ini. Berbagai kostum atau pakaian adat, pakaian profesi seperti pakaian TNI, Polri, Dokter dan lainnya hingga seni budaya daerah ditampilkan oleh anak-anak TK dan PAUD. Seni budaya lokal KSB yang ditampilkan para siswa TK dan PAUD diantara, budaya sorong serah, maupun kesenian daerah lain di Indonesia ditampilkan.

Hadir dalam lomba Karnaval ini Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, ST, Ketua TP-PKK KSB, Hj Hanifah Musyafirin, SPt, Ketua GOW KSB, Neny Apriati Fud Syaifuddin, Ketua Dharmawanita, Ketua Persit Chandrakirana Kodim 1628/KSB. **