Kembali, Pemerintah KSB Salurkan Bantuan Korban Gempa Lombok

Taliwang, – Meskipun bantuan untuk korban gempa di pulau Lombok telah dikirim, pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) bersama komunitas masyarakat terus menggalang bantuan. Buktinya, pada Selasa 14/8 kemarin, kembali menyalurkan bantuan yang diperkirakan mencapai Rp. 300 juta rupiah.

Bantuan dalam bentuk beras sebanyak 4,6 ton, 367 dus mi instan, 602 dus air minum, 96 dus susu balita, 289 dus popok bayi, 154 karung pakaian, 34 buah terpal, 56 tikar dan barang kebutuhan lainnya, termasuk uang tunai sebesar Rp. 83 juta lebih itu atau diperkirakan senilai Rp. 322 juta lebih itu diserahkan Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin ST kepada kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KSB, Ir Lalu Muhammad Azhar, MM selaku ketua tim rombongan yang akan mengantar bantuan.

“Bantuan untuk korban gempa Lombok terkumpul dari sumbangan aparatur Pemerintah KSB, TP-PKK KSB, Gabungan Organisasi Wanita/GOW KSB  dan masyarakat. Bantuan ini merupakan bantuan lanjutan yang disalurkan. Adanya tambahan bantuan itu sendiri bukti bahwa masyarakat KSB memiliki kepedulian terhadap warga yang menjadi korban. Disaat itu juga ditegaskan bahwa bantuan yang disalurkan itu adalah harta sesungguhnya yang akan dibawah mati,” tegas Wabup.

Diingatkan Wabup, gempa 7 skala Richter yang mengguncang wilayah Lombok dan dirasakan oleh masyarakat KSB pada 5 lalu, menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan dan korban jiwa mencapai 384 orang sesuai data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kemudian ribuan orang luka-luka termasuk ribuan rumah rusak yang menyebabkan adanya pengungsi mencapai puluhan ribuan jiwa di berbagai lokasi.

Wabup berharap, pengiriman bantuan lanjutan itu sendiri semoga bisa meringankan beban warga Lombok yang menjadi korban, sehingga meminta kepada petugas yang mengawal bantuan  agar memastikan bantuan tersebut diterima. “Dalam penyaluran bantuan petugas bisa memberikan bantuan uang secara langsung kepada individu yang mengalami musibah terutama yang sedang dirawat di rumah sakit, bantuan kepada masjid maupun sekolah yang mengalami musibah,“ tegasnya.

Acara pelepasan bantuan lanjutan untuk korban gempa itu sendiri disaksikan Sekda KSB, H Abdul Azis, MH, Dandim 1628/KSB, Letkol Czi Eddy Oswaronto ST dan sejumlah pejabat lingkup pemerintahan. **