Pemerintahan

Wabup KSB Jamin “Bapok” Bantuan Presiden Segera Disalurkan

Taliwang, – Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Fud Syaifuddin, ST, pada Jum’at 18/10 kemarin telah menerima Bahan Pokok (Bapok) yang merupakan bantuan presiden RI Ir H Joko Widodo.

 

Penyerahan “Bapok” yang berisi beras, gula, teh, kopi dan minyak goreng sebanyak 2 ribu paket itu dilakukan oleh staf sekretaris pribadi (Sespri) kepresidenan, masing-masing, Trisugiarto dan Made Gunawan. “Semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi warga yang terdampak gempa,” kata Trisugiarto saat menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut kepada Wabup KSB.

 

Dikesempatan itu Trisugiarto memastikan bahwa bantuan serupa akan terus disalurkan jika pemerintah KSB mengajukan permohonan atau merasa bahwa masyarakat masih harus diberi bantuan dalam bentuk “Bapok”. “Silakan ajukan permohonan bantuan secara resmi jika memang masih dibutuhkan,” lanjutnya.

 

Sementara Wabup saat menerima bantuan menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada presiden, lantaran bukan hanya menyerahkan bantuan tetapi telah menyempatkan waktu untuk mengunjungi langsung warga KSB yang terdampak gempa. “Kunjungan presiden akan memberikan samangat tersendiri bagi warga yang menjadi korban gempa, jadi saya atas nama pemerintah menyampaikan ucapan terima kasih,” kata wabup disela acara penyerahan bantuan tersebut.

 

Wabup juga memastikan bahwa semua “Bapok” yang merupakan bantuan presiden itu akan segera didistribusikan kepada warga yang terdampak. Untuk diketahui juga bahwa “Bapok” yang ada sekarang tersisa 1.500 paket, karena 500 paket telah disalurkan di Kecamatan Poto Tano sebanyak 200 paket dan 300 paket di Kecamatan Seteluk saat Presiden mengunjungi korban gempa. “Paket bahan pokok ini merupakan bantuan yang kedua kalinya diberikan Presiden. Bantuan pertama diberikan pada akhir Agustus lalu sebanyak 3.000 paket,” bebernya.

 

Sementara Ir Lalu Muhammad Azhar, MM selaku kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KSB menyampaikan, semua bantuan yang diterima telah didistribusikan, termasuk pakaian layak pakai yang diterima beberapa waktu lalu. “Sekarang sedang kami persiapkan untuk pendistribusian bantuan dari presiden,” terangnya.

 

Dikesempatan itu disampaikan juga bahwa pihaknya sekarang sedang mempersiapkan pendistribusian bantuan untuk keperluan warga korban gempa menghadapi musim penghujan, termasuk tenda untuk ruang sekolah darurat. “Kami akan persiapkan pembagian selimut bagi warga korban gempa dan tenda untuk pengganti kalau ruang kelas darurat rusak tendanya,” akunya. **