Pemerintah KSB Akui Kemitraan Bersama Wartawan Terjalin Baik

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengakui bahwa kemitraan yang terbangun bersama wartawan sudah terjalin baik. Hal itu diharapkan bisa ditingkatkan pada tahun 2019 mendatang.

Pengakuan itu disampaikan Ir Irhas R Rayes Msi selaku asisten administrasi umum dan aparatur pada saat konferensi pers dan silaturahim dengan awak media, pada Jum’at siang 28/12 yang dilaksanakan di Ruang Sidang I Gedung Graha Praja Setda KSB yang diinisiasi Bagian Humas dan Protokol.

Dikesempatan itu Irhas sapaan akrabnya mengakui jika pemberitaan melalui media cetak maupun online sudah cukup menyejukkan. “Pemerintah KSB menyadarai bahwa peran media sangat besar untuk memberitakan program dan capaian kerja pemerintah, dimana masyarakat berhak untuk tahu kegiatan pemerintah itu melalui media masa,” katanya.

Disaat itu juga Irhas meminta kepada semua wartawan agar dalam pemberitaan selalu mengedepankan cek and ricek dan cek and balance, termasuk memastikan kompetensi narasumber yang dijadikan rujukan. “Berita yang disajikan diharapkan bisa dipertanggung jawabkan karena akan menjadi konsumsi publik, terutama narasumbernya,” harapnya.

Diingatkan Irhas, pemberitaan yang sedikit miring atau menyudutkan orang lain diharapkan bisa terekspos setelah melakukan klarfikasi terlebih dahulu, karena hak jawab atau klarifikasi pada berita berikutnya tidak bisa mengaburkan persepsi jelas terkait berita sebelumnya, atau ada kemungkinan masyarakat yang sudah terlanjur terpapar dengan pemberitaan sebelumnya tidak membaca klarifikasi tersebut. “Harapan yang saya sampaikan itu bukan ingin membatasi hak wartawan, tetapi harus diingat hak seseorang dibatasi oleh hak orang lain, artinya tidak ada hak yang bebas,” timpalnya, sambil berharap melalui pertemuan rutin bersama wartawan bisa terus meningkatkan hubungan baik ini.

Sementara Ir Abdul Muis, MM selaku Kabag Humas dan Protokol mengakui bahwa kemitraan selama ini terus membaik, bahkan melalui kerjasama yang dibangun berbanding lurus dengan kontribusi dalam pemberitaan dari masing-masing media. “Kami mengakui bahwa pemberitaan dari berbagai media sudah sangat bagus untuk penyampaian program pemerintah kepada publik,” tuturnya.

Muis juga mengaku bahwa pihaknya bersama jajaran Humas dan Protokol selalu melakukan analisis terhadap berbagai berita yang termuat diberbagai media masa. Ada dua kategori berita yang dianalisis, yakni berita positif dan berita negatif. Hasil analisis ini pun sudah dilaporkan ke Bapak Bupati untuk menjadi bahan evaluasi guna perbaikan pembangunan KSB kedepannya.

Hubungan baik antara pemerintah KSB dengan semua media diakui Khairil W Zakariah selaku ketua Komunitas Pers Sumbawa Barat (Kompers) dan semoga pada tahun mendatang bisa lebih baik lagi. “Semoga ditahun mendatang pemerintah KSB bisa menyiapkan sarana transportasi bagi media massa yang akan mendatangi lokasi kegiatan pemerintah, sehingga bisa bersama staf Humas untuk melakukan peliputan kegiatan dan agenda pemerintah KSB,” harapnya. **