Saat Ikut Yasinan, Wagub NTB Apresiasi Percepatan Recovery

Taliwang, – Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr Hj Siti Rohmi Djalilah saat ikut dalam forum Pelayanan Setara Inklusif Andalan (Yasinan) yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) di Central yang juga kediaman Bupati KSB menyampaikan apresiasi serta penghargaan atas percepatan recovery pasca gempa.

Ditegaskan juga bahwa percepatan pembangunan kembali pasca musibah gempa itu sendiri tidak lepas dari keberadaan Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR), sehingga dirinya berharap kepada semua pemerintah kabupaten/kota yang berada di NTB untuk menjadikan contoh apa yang telah dilaksanakan pemerintah KSB. “PDPGR yang dilaksanakan pemerintah KSB patut dicontoh daerah lain,” katanya.

Pembangunan dan perbaikan rumah korban gempa di KSB jauh lebih cepat dibanding Kabupaten/Kota lain di NTB. Selain memiliki instrumen gotong royong, tentu Pemerintah KSB mendorong masyarakat untuk tetap semangat menghadapi musibah ini. Hal ini juga menjadi pemicu masyarakat mau dengan cepat membangun rumahnya. Bahkan warga yang belum menerima dana stimulan sekalipun. Diharapkan masyarakat juga membangun rumahnya dengan konstruksi tahan gempa. Sebab NTB merupakan daerah yang rawan akan gempa. “Kepada masyarakat mari kita bersabar menunggu pencairan dana, semoga kita tetap menjadi orang yang pandai bersyukur,” imbuhnya.

Selain memuji cepatnya recovery di KSB, Wagub juga memuji Forum Yasinan Pemerintah KSB. Forum ini merupakan wadah silaturrahmi Pemerintah Daerah dan stakeholders bersama masyarakat. Wadah ini harus tetap dipertahankan agar silaturrahmi dan komunikasi tetap selalu terjaga, sehingga stabilitas dan keamanan di KSB tetap terjaga.

Wagub sendiri tidak membantah bahwa pemerintah Provinsi NTB sekarang ini mengadopsi cara yang dilaksanakan pemerintah KSB, terutama kegiatan forum yasinan yang dianggap sangat efektif dan efisien untuk mendapatkan laporan secara langsung dari masyarakat. “Gubernur NTB selalu menggelar pertemuan pagi dengan masyarakat dengan cara tidak formal. Kesempatan itu dimanfaatkan untuk menyerap aspirasi dan laporan dari masyarakat,” bebernya.

Dalam kesempatan itu, Bupati KSB, Dr Ir H W Musyafirin, MM melaporkan,ratusan rumah korban gempa telah terbangun di KSB, baik tahap pertama yang dananya sudah cair ke rekening msayarakat, bahkan tahap kedua dan ketiga dimana dananya belum masuk ke rekening warga. Cepatnya pembangunan rumah korban gempa ini berkat gotong royong yang ada di KSB. ”Hari ini kami juga mengeluarkan himbauan kepada masyarakat dalam menyambut tahun baru agar lebih banyak mendekatkan diri kepada Allah SWT dan tidak melakukan kegiatan yang sia-sia, yang mengganggu keamanan dan ketertiban serta ketenteraman masyarakat,” ungkapnya. **/Hms