Bupati KSB Jadi Inspektur Upacara HUT Damkar

Taliwang, – Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr Ir H W Musyafirin, MM langsung bertindak sebagai inspektur dalam upacara memperingati Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran (HUT Damkar) yang ke-100. Kegiatan itu sendiri dipusatkan di Lapangan Garah Fitrah, Senin pagi 4/03 kemarin.

Saat menjadi inspektur upacara, orang nomor satu di Bumi Pariri Lema Bariri itu mengenakan seragam dinas harian Damkar dan membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahyo Kumolo. Hadir dalam upacara, Kapolres KSB, AKBP Mustofa, SIK, Dandim 1628/KSB, Letkol Czi Eddy Oswaronto, ST serta pejabat lingkup pemerintahan KSB.

Dalam sambutan yang dibacakan tersebut, Mendagri mengigatkan kepada seluruh aparatur pemerintahan dan komponen bangsa, agar ikut menyukseskan penyelenggaraan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif yang akan diselenggarakan serentak pada 17 April 2019 mendatang dan menekankan agar melawan politik uang, politisasi sara, serta penyebaran ujaran kebencian, fitnah dan hoax yang merupakan racun demokrasi.

Dalam sambutan itu juga menyampaikan bahwa peringatan HUT Damkar yang dilaksanakan tidak hanya dijadikan forum untuk mengenang masa lalu, namun lebih dari itu dimaksudkan sebagai sarana untuk meneruskan semangat juang dan dedikasi, serta pengabdian Aparatur Negara dalam melindungi masyarakat serta kebulatan tekad untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Peringatan ini bertujuan untuk mengajak seluruh bangsa Indonesia lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjunjung tinggi ideologi Pancasila, menjadi sarana pemersatu bangsa, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, serta mengutamakan kepentingan masyarakat, diatas kepentingan pribadi dan golongan, dalam upaya mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum, serta perlindungan masyarakat.

Peran penting Pemadam Kebakaran tercermin dari tugas dan tanggung jawabnya adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan dan penanganan bahan berbahaya akibat kebakaran, melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran, pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran serta penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan bagi manusia.

Usai upacara, Bupati mengajak ASN anggota TNI dan Polri yang menjadi peserta upacara menghadiahkan yel-yel untuk anggota Damkar. Bupati meneriakkan Damkar tiga kali, peserta upacara pun menjawab jaya sebanyak tiga kali. Bupati juga memotong tumpeng untuk Kepala Dinas Damkar KSB dan jajarannya. **/Hms