Irhas : Truk Pembawa Material Harus Gunakan Penutup

Taliwang, – Dinas Perhubungan Kabupaten Sumbawa Barat (Dishub KSB) berencana menggandeng Kepolisian untuk melakukan razia khusus aktifitas truk, lantaran saat mengangkut material tidak menggunakan penutup, sementara hal itu akan mengancam keselamatan pengguna jalan lainnya.

“Upaya persuasif sudah kami lakukan dengan bertemu komunitas supir truk. Cara itu dilakukan agar bisa menyampaikan kepada semua supir agar tetap menggunakan penutup material apapun yang diangkut, sehingga tidak menyebabkan debu dan material yang terangkut tidak tumpah disepanjang jalan,” kata Ir Irhas R Rayes, Msi selaku kepala Dishub KSB.

Masih keterangan Irhas sapaannya, pasca bertemu dengan komunitas supir truk, pihaknya masih melihat aktifitas truk yang tidak menggunakan penutup, meskipun material yang diangkut cukup berbahaya bagi pengguna jalan lainnya. “Kalau tidak direspon serius terhadap himbauan untuk menggunakan penutup, maka kami akan melibatkan pihak Polres KSB dalam razia nantinya,” ancamnya.

Penekanan untuk menggunakan penutup material juga berlaku bagi truk pengangkut material batubara kebutuhan Perusahaan Listrik Tenaga Uap (PLTU) Kertasari. “Pemberlakuan untuk penggunaan penutup truk terhadap material yang diangkut tanpa terkecuali, jadi kalau saat razia nanti ditemukan masih ada juga yang membangkang, bisa jadi langsung diberikan teguran dan mungkin juga polisi memberi tilang,” lanjutnya. **