MTQ tingkat Kabupaten di Kecamatan Maluk Dibuka Bupati KSB

Maluk, – Musyabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang dipusatkan di kecamatan Maluk, dibuka secara resmi oleh Bupati, Dr Ir H W Musyafirin, MM. “Kita patut bangga dan berbahagia lantaran sampai tujuh hari kedepan akan berada dalam majelis Alquran bersama para hafidz dan hafidzah, qori’ dan qori’ah,” kata H Pirin saat membuka acara.

Dikesempatan itu H Pirin juga mengingatkan, MTQ adalah budaya dan menjadi wadah untuk syi’ar dan membumikan alquran, agar dari generasi ke generasi kaum muslimin selalu cinta dengan alquran, menjadikannya sebagai pegangan dan penuntun kehidupan yang hakiki sehingga kita menjadi pribadi yang qur’ani, yang ikhlas, jujur, sungguh-sungguh. kemudian kita aktualisasikan dalam kehidupan, baik dalam hubungan kita dengan allah swt maupun hubungan kita dengan sesama manusia dan ciptaan ALLAH lainnya, sehingga dengan itu kita mendapat kebahagiaan di dunia dan keselamatan di akhirat.

selain menyelenggarakan MTQ sekali setahun, program lain yang dilaksanakan pemerintah daerah bekerjasama dengan tim penggerak pemberdayaan kesejahteraan keluarga (tp-pkk) ksb untuk mengajak masyarakat mencintai alquran adalah program tuntas baca alquran (tba) dengan dua jenis kegiatan, yaitu tba pemberdayaan masyarakat yang di akhir ramadhan lalu telah berhasil menjadikan sebanyak 5.514 orang bisa membaca alquran sesuai tajwid. kemudian TBA aparatur yang dilaunching 28 februari lalu, telah dilakukan pembinaan secara berkelanjutan terhadap seluruh aparatur di setiap opd agar bisa membaca alquran sesuai makhroj dan tajwid, bahkan selama bulan ramadhan lalu seluruh aparatur sipil negara rutin melaksanakan tadarus alquran setelah sholat dzuhur berjamaah. harapannya agar asn bisa menjadi tauladan di lingkungan masyarakat dan keluarganya untuk ditiru oleh anak anaknya dan oleh masyarakat disekitarnya.

di acara pembukaan MTQ yang mulia ini, saya mengajak kita semua untuk membiasakan dan merutinkan membaca alquran setiap hari dan malam, di masjid-masjid dan di rumah-rumah, karena fadilah membaca alquran tidak hanya menguntungkan kita di dunia, melainkan juga di akhirat kelak. seperti hadits rasulullah saw: “bacalah oleh kalian al-qur`an. karena ia (al-qur`an) akan datang pada hari kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya”, (hadits riwayat muslim 804).

Pada momen MTQ ini, ada dua hal penting yang ingin saya sampaikan kepada rakyat sumbawa barat khususnya masyarakat maluk. pertama adalah untuk tetap menjaga kondusifitas daerah demi terciptanya iklim investasi yang mendukung kemajuan daerah. untuk diketahui bahwa di kecamatan maluk ini, pt. amman mineral nusa tenggara (pt. amnt) saat ini sedang dalam proses persiapan membangun industri peleburan dan pemurnian hasil tambang (smelter) beserta industri turunannya seperti industri semen, industri pupuk, industri logam, dan industri lainnya. dukungan, do’a dan pemikiran sesuai peran kita masing-masing sangat dibutuhkan untuk membantu mengurai hambatan-hambatan dalam mewujudkan industri smelter yang insya allah akan beroperasi pada tahun 2022 mendatang. ketika industri tersebut terwujud, maka ribuan lapangan pekerjaan baru akan mampu menyerap tenaga kerja lokal yang belum bekerja dan pendapatan masyarakat akan meningkat, sehingga kita akan menjadi tenang dalam beribadah dan membumikan al qur’an, karena tidak ada lagi hambatan perekonomian. industri smelter akan menjadi pengungkit perekonomian ksb khususnya masyarakat maluk. pusat ekonomi akan beralih ke kabupaten sumbawa barat dan terfokus di kecamatan maluk. karena itu dukungan kepada bapak/ibu sangat kami harapkan. tolong sampaikan informasi yang benar kepada masyarakat yang belum paham. jangan sampai peluang emas ini kita sia-siakan.

Kedua, di moment yang strategis ini saya ingin mengajak kita semua untuk mewujudkan ksb menjadi kabupaten bersih dan sehat, pemerintah daerah telah meluncurkan program sanitasi total berbasis masyarakat atau stbm, dari lima pilar stbm, pada kesempatan ini, saya ingin menyoroti khusus pilar keempat dan kelima. pilar keempat yakni tidak membuang sampah di sembarang tempat. jangan sampai sampah berserakan di mana-mana. dan pilar kelima tidak membuang limbah cair ke tempat terbuka. sebagai masyarakat berperadaban fitrah, mari kita laksanakan hadits nabi muhammad saw yang diriwayatkan oleh baihaqi, yang artinya: ‘’agama islam itu adalah (agama) yang bersih/suci, maka hendaklah kamu menjaga kebersihan. sesungguhnya tidak akan masuk surga, kecuali orang-orang yang suci,” ucapnya.

Kepada para kafilah yang akan berjuang, kami ucapkan selamat mengikuti mtq ke-15 kabupaten sumbawa barat tahun 2019. semoga keikutsertaan saudara-saudara dapat membawa manfaat dan maslahat, dalam upaya membumikan alquran dan membangun generasi emas kabupaten sumbawa barat, generasi yang qurani.

kepada camat dan masyarakat maluk selaku tuan rumah, kami mengapresiasi atas kerja kerasnya mempersiapkan arena mtq, sehingga kita dapat menggunakannya dalam pembukaan pada malam hari ini.

Terakhir, atas nama pemerintah kabupaten sumbawa barat kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya kepada dewan hakim yang baru saja dilantik, semoga dengan mental ikhlas, jujur, sungguh-sungguh (ijs) dewan hakim dapat menjalani tugasnya secara indpenden, objektif untuk memberikan penilaian yang terbaik bagi para peserta. jangan pilih kasih. jangan tonjolkan ego kewilayahan. yang terpenting adalah nama baik sumbawa barat. semoga di mtq tahun ini banyak melahirkan qori’ dan qori’ah, hafidz dan hafidzah yang berkualitas, dan siap untuk mengikuti mtq di tingkat yang lebih tinggi, untuk menjadi yang terbaik. **/Hms