Wabup KSB Lepas Peserta Pawai Ta’aruf dan Karnaval MTQ ke-15

Maluk, – Pawai Ta’aruf dalam rangka pelaksanaan Musyabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) ke-15, yang dilaksanakan di kecamatan Maluk pada Minggu sore 23/6 kemarin, dibuka secara langsung oleh wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin ST.

Orang nomor dua di Bumi Pariri Lema Bariri itu mengawali sambutan dengan memberikan apresiasi kepada semua kafilah yang ikut dalam ajang tahunan tersebut, termasuk penghargaan tersendiri bagi jajaran pemerintah kecamatan Maluk beserta pemerintah Desa serta seluruh masyarakat.

Dikesempatan itu Wabup mengatakan, jika MTQ yang akan dilaksanakan di kecamatan maluk dinilai sangat spesial, mengingat beberapa waktu lalu semua kita telah melaksanakan ibadah puasa, dimana setiap malam selalu mendengarkan lantunan ayat suci Al Quran. “Dalam sepekan kedepan warga Maluk akan kembali mendengarkan lantunan Alqur’an setiap malam,” lanjutnya, sambil menambahkan bahwa Al-Quran merupakan sumber inspirasi yang tidak pernah kering. Semakin didalami, semakin yakin akan kebenaran isi kandungannya.

Masih keterangan Wabup, MTQ menjadi cerminan bahwa Islam itu teduh dan damai. “Kecamatan Maluk adalah kecamatan multi etnis dengan bermacam macam perbedaan suku dan agama, semoga dengan MTQ ini kita semua terus menjaga kedamaian dan ketentraman yang telah baik ini,” ucapnya.

Disampaikan juga bahwa pelaksanaan MTQ sejatinya menjadi cerminan sekaligus seruan kepada seluruh umat beragama, bahwa sesungguhnya Islam itu teduh dan damai, cinta keadilan, dan menjauhi kekerasan, menolak kebencian dan fitnah, dan selalu menganjurkan persatuan, kebersamaan, dan ukhuwah. “Dengan demikian, kita dapat membangun kokohnya toleransi, solidaritas, dan kebersamaan antar sesama umat manusia di muka bumi, khususnya di Kabupaten sumbawa barat yang kita cintai bersama ini” jelasnya.

Pantauan langsung media ini, peserta dari semua kecamatan terlihat sangat antusias mengikuti pawai Ta’aruf tersebut, bahkan masyarakat sekitar juga ikut menjadi bagian dalam meramaikannya. Terlihat dengan jumlah warga yang berada di halaman parkir pantai teluk balas desa pasir putih sangat padat, termasuk Lapangan Demung Maluk yang menjadi lokasi pelaksanaan MTQ. **