Desa Bukit Damai Gunakan Dana Desa Untuk Gratiskan TK/Paud

Maluk, – Pemerintah Desa Bukit Damai kecamatan Maluk memastikan, jika semua biaya yang dibutuhkan untuk masuk Taman Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terhadap masyarakatnya menjadi tanggung jawab pemerintah Desa.

“Saya pastikan akan menggunakan Dana Desa untuk membantu biaya sekolah bagi satuan pendidikan TK dan PAUD, jadi diminta kepada semua masyarakat agar menyekolahkan anaknya pada jenjang paling rendah tersebut,” kata Sujarwadi selaku Kades Bukit Damai.

Disampaikan Sujarwadi, anggaran yang disiapkan bagi siswa baru pada jenjang TK/PAUD termasuk untuk pakaian seragam yang dibutuhkan, bahkan dari dana desa disiapkan khusus insentif (gaji) bagi guru itu sendiri. “Kami ingin mengajak masyarakat untuk mau menyekolahkan anaknya, jadi biaya akan ditanggung pemerintah desa,” tegasnya.

Biaya yang juga disiapkan pemerintah desa juga untuk perbaikan bangunan lembaga pendidikan TK/PAUD, dimana fasilitas pendidikan dimaksud ada yang sudah rusak. “Kami ingin memberikan kepastian sekolah kepada masyarakat, jadi bukan hanya menanggung biaya administrasi, tetapi juga dana khusus renovasi bangunan sekolah,” timpalnya, sambil menjelaskan jika Gedung TK/Paud  yang merupakan lembaga binaan TP-PKK Desa bukit damai, karena memang menyentuh langsung bagi masyarakat di pedesaan khususnya bagi generasi muda di masa yang akan datang.

Gebrakan dan inovasi penggunaan dana desa yang dilakukan itu diharapkan menjadi awal meningkatkan sumber daya manusia di Desa Bukit Damai dan menjadi gudang ilmu pembentukan karakter anak sejak usia dini sebagai generasi penerus bangsa yang akan datang. **